Panwascam Dihimbau Cermati Distribusi Surat Suara

kotatuban.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban menghimbau kepada seluruh Panwaslu kecamatan se Kabupaten Tuban untuk melakukan pencermatan terhadap distribusi logistik Pemilu Legislatif 9 April mendatang. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban telah mendistribusikan sebagian besar logistik kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tuban.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (8/3) dikantornya mengungkapkan, logistik Pileg sebagian besar telah dikirim ketingkat kecamatan. Selain itu, pada Pileg tahun 2014 ini, penyortiran dan pelipatan kartu suara dilakukan ditingkat PPK. Sehingga, hal ini perlu dilakukan pengawasan yang serius oleh Panwascam.

”Kartu suara ini yang perlu untuk mendapatkan pencermatan yang intens dari Panwascam,” ungkapnya.

Menurut Sullamul, yang pelu dilakukan pengawasan pada kartu suara tidak hanya kuantitas atau jumlahnya saja, namun kualitas surat suara juga perlu untuk mendapatkan pengawasan.

Misalnya, seperti terdapat tanda kusus dinama Caleg atau Partai Politik (Parpol), cacat tidaknya surat suara, kualitas warna tulisan atau gambar surat suara, serta beberapa potensi kerusakan lainnya.

”Banyak indikator yang harus dicermati oleh pengawas pemilu,” tandas Sullamul.

Lebih lanjut Gus Hadi, panggilan akrab Sullamun Hadi mengatakan, Panwascam juga harus mempersiapkan strategi pengawasan pada kampaye terbuka pada 16 Maret mendatang. Hal ini penting untuk dilakukan, untuk menghindari konflik yang diakibatkan oleh kegiatan Pemilu.

. ”Kami berharap pelaksanaan Pileg pada tahun ini dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan kita semua,” pungkas Sullamul Hadi. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.