Habib Husen : Dakwah Harus Santun dan Damai

Habib Husen
Habib Husen

kotatuban.com – Dalam agama islam berdakwah harus menggunakan cara yang santun dan damai. Tidak dibenarkan menggunakan cara-cara kekerasan, seperti halnya yang dilakukan organisasi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau kelompok radikal lainnya yang mengatasnakan agama.

Hal tersebut disampaikan oleh, Habib Husaen saat memimpin majelis taklim maulid nabi di Masjid Muhdor, Kamis (04/09) malam. Menurutnya, islam itu rahmat untuk siapa saja, sehingga cara-cara kekerasan dalam berdakwah apapun alasannya tidak dibenarkan. ”Kelompok atau golongan jika menggunakan kekerasan, pasti itu bukan islam,” tegasnya.

Bahkan, lanjut Husaen, islam mengajarkan pendakwah harus menggunakan tutur kata yang baik, santun, dan bijak. Dan yang penting dari itu pendakwah tidak boleh memasang tarif seperti yang banyak terjadi saat ini.

“Seorang pendakwah itu tidak boleh menerima “amplop” jika mampu dia harusnya malah mengasih. Kalau kita dakwah itu harus rela kehilangan harta, benda, dan waktu. Tidak malah mengumpulkan harta dari berdakwah, islam tidak membenarkan dakwah seperti itu,” tuturnya.

Menurutnya, para ulama dan Kiyai cara berdakwahnya haruslah sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad. Cara berdakwah nabi itulah cara yang paling benar. ”Saat berdakwah dulu Nabi Muhammad tidak malah kaya, tapi hartanya malah habis untuk berdakwah,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.