Harga Cabai Kriting Petani Membaik

Petani cabai
Petani cabai

kotatuban.com-Jelang Hari Raya Idul Adha tidak hanya membuat harga sapi dan kambing untuk kurban meningkat. Namun, Idul Adha kali ini juga membawa angin segar bagi para petani cabai di Tuban. Permintaan cabai yang cukup stabisl menjadi pemicu naiknya harga cabai kriting.

Kondisi ini seperti yang dirasakan petani cabai kriting di Desa Pucangan, Kecamatan Montong. Sejak sepekan terakhir kenaikan harga cabai  yang sebelumnya anjlok hingga level terendah yakni Rp 4.000 perkilogram (Kg), kini harga itu berangsur-angsur membaik.

Seorang petani cabai keriting, Siti Solihah, warga Desa Pucangan, Kecamatan Montong, mengaku, musim panen kali ini harga terus merangkak naik. Bahkan harga dari tingkat petani mampu menembus angka Rp 14.000 /Kg. “Alhamdulillah mas, sekarang ini lebih baik, mungkin karena sekarang ini musim kemarau jadi cabai tidak begitu banyak,” ungkap Siti.

Menurut Siti, kemungkinan besar hargai cabai ini akan semakin tinggi, apalagi bertepatan dengan peringatan hari besar keagamaan (Idul Adha), yang biasanya juga disertai permintan cabai di pasaran meningkat.

“Ya mudah-mudahan harganya terus membaik, karena panen sebelumnya harganya sangat rendah,” kata Siti.

Para petani berharap, harga cabai yang cukup baik tersebut tidak cepat-cepat berubah dan tetap stabil. Mereka juga berharap ada campur tangan Pemerintah Daerah Tuban untuk menjaga stabilitas harga, agar petani tidak sering menelan kerugian. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.