Harga Cumi Kering Terus Anjlok

kotatuban.com-Tangkapan cumi nelayan di Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban melimpah. Banyak cumi segar hasil tangkapan nelayan tidak habis dijual. Sehingga, cumi segar banyak yang dikeringkan sebagai langkah alternatif nelayan.Namu karena stok yang melimpah membuat cumi asin (cumi kering) mengalami penurunan harga cukup signifikan.

Nelayan saat melakukan pengeringan ikan cumi
Nelayan saat melakukan pengeringan ikan cumi

“Saat ini harga cumi yang dikeringkan sekitar Rp14 ribu hingga Rp15 ribu per kilo,” ujar Sundari (35) salah satu pekerja pengeringan cumi di Desa Pabean, Kecamatan Tambakboyo, Tuban.

Menurut Sunardi, cumi  olahan yang dikeringkan ini sebelumnya bisa seharga paling murah Rp20.000/kg hingga Rp35.000/kg.  Namun, saat kondisi seperti sekarang ini harganya bisa anjlok hingga Rp14.000 per kilogramnya. Selain jumlah bahan baku cumi cukup melimpah karena lagi musim, proses pengeringan yang cukup singkat menjadi faktor utama anjloknya cumi kering.

Saat ini, meskipun perahu besar yang biasa mencari cumi tidak melaut karena ombak yang besar terjadi pada malam hari. Akan tetapi, kapal berukuran sedang yang mencari cumi di siang hari masih bisa melaut dengan hasil tangkapan juga cukup melimpah.

“Memang cuaca kurang baik di laut, terutama malam hari.  Tapi, kapal  yang melaut siang hari masih banyak, sehingga bisa menerima stok cumi, ” sambung warga asal Pabean, Tambakboyo ini.

Dijelaskannya, saat musimnya seperti ini, setiap kali melakukan proses pengeringan, satu rumah produksi cumi kering mampu mengolah 1 hingga 2 ton cumi. Sedangkan jika stok sepi, biasanya hanya 5 kuintal hingga 1,3 ton cumi saja.
Sementara itu, untuk mendapatkan stok cumi sebelum dikeringkan, pengusaha cumi kering langsung mengambil dari tangkapan nelayan. Kemudian setelah proses pengeringan, baru dijual ke pasaran lokal hingga ke luar daerah Tuban.

Selain pengusaha rumah pengeringan cumi asin bersekala besar, sejumlah warga Pabean, Kecamatan Tambakboyo,  juga melakukan pengeringan cumi. Tidak hanya  untuk di konsumsi sendiri, cumi hasil olahan juga dijual di pasar-pasar lokal kecamatan setempat. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.