Hari Santri Kebangkitan Spiritual dan Patriotisme

kotatuban.com – Peringatan hari santri yang jatuh 22 Oktober bukan hanya sekedar diperingati dengan serimonial saja.  Tapi,  peringatan hari santri harus dimaknai kebangkitan spritual dan patriotisme umat Islam. 

Hal itu disampaikan Ketua DPC PKB Tuban,  Noor Nahar Hussein saat menjadi pembina upacara menyambut hari santri di halaman kantor DPC Tuban. 

Ditambahkan Noor Nahar, penetapan hari santri 22 Oktober oleh pemerintah,  karena saat itu para kiai dan ulama se Jawa dan Madura memutuskan resolusi jihat untuk mengusir dari Negara Republik Indonesia, Jumat (21/10).

” Hasil keputusan para kiai perang dengan penjajah mempertahankan kemerdekaan hukumnya wajib bagi seluruh umat Islam, ” terang Noor Nahar yang juga Wabup Tuban. 

Sementara itu,  apel Hari Santri Nasional (HSN) di DPC Tuban diikuti pengurus DPC,  Ketua PAC se Kabupaten Tuban,  FKB DPRD dan Banom PKB Tuban. 

Peserta upacara berpakaian ala santri, yakni,  bersarung dengan balutan baju putih,  berkopyah.  Bahkan peserta juga gunakan bakiak yang biasa digunakan santri masa itu. 

Sekretaris DPC PKB Tuban, Miyadi mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional kali ini, dihadiri Pengurus Cabang, Pengurus Anak Cabang, anggota Fraksi PKB DPRD Tuban, dan unsur Fatayat NU.

“Upacara sore ini sebagai pengingat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Miyadi usai gelar upacara.

Politisi yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Tuban itu menambahkan, bagi bangsa Indonesia mengingat perjuangan adalah harga mati. Upacara HSN sendiri menurut dia adalah kegiatan untuk menggugah semangat resolusi jihad yang dicetuskan oleh Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari.

“Saya mewakili seluruh jajaran partai dan anggota DPRD Kabupaten Tuban, mengajak masyarakat Indonesia, khususnya warga Tuban untuk memperingati Hari Santri Nasional,” tandasnya.

Sementara itu, pada malam 22 Oktober, PKB Tuban juga akan menggelar acara membaca Sholawat Nariyah untuk dihadiahkan ke seluruh pahlawan dan bangsa Indonesia. (yit

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.