Hari Tenang Satpol PP Sibuk Bersihkan APK

kotatuban.com-Satuan Pamong Prja (Satpol PP) Pemkab Tuban terpaksa membersihak Alat Peraga Kampanye (APK) di hari tenang. Sebab, meski pelaksanaan Pemilu tinggal satu hari lagi, Parpol maupun caleg tak ada yang memberisihkan gambarnya.

Petugas tengah bersihkan APK
Petugas tengah bersihkan APK

“Hari ini APK masih belum bersih total,  karena di beberapa titik masih terdapat gambar-gambar caleg,” ujar Kepala satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Tuban, Heri Muharwanto.

Heri menjelaskan, tugas pembersihan APK sebenarnya adalah tanggungjawab pengurus parpol dan para caleg. Namun, nyatanya hingga H-1 pelaksanaan Pemilu masih banyak APK yang terpasang.

“Jadi, sebetulnya ini menjadi tanggungjawab  caleg maupun pengurus parpol. Namun, nyatanya banyak caleg yang tidak membersihkan, kita pikir kesadaran merekalah yang rendah,” jelas Heri.

Disampaikan Heri, pihaknya masih ada satu hari, yakni,  Selas (8/4) sampai malam nanti untuk menertibkan APK yang masih tersisia.

Adapun kecamatan yang menjadi sasaran penertiban diantaranya adalah Kecamatan Bangilan, Senori, Parengan, Singgahan, Soko, Rengel, Grabagan, dan Widang.

“Kami target hari ini bersih, kalau perlu sampai malam akan kami tertibkan yang masih tersisa itu,” tegas Heri.

Ditambahkan, sampai hari ini sedikitnya 1000 lebih APK sudah diamankan petugas dari berbagai wilayah kecamatan di Tuban. Dari jumlah tersebut masih banyak ditemukan pelanggaran Peraturan Pemerintah Daerah (Perda) Tuban, dan Peraturan Bupati (Perbub) nomer 20 tahun 2013 tentang alat perag akampanye,  serta pelanggaran PKPU, yakni terpasang di pohon dan fasilitas umum, seperti tiang listrik dan tiang telepon.

” Kami lihat ternyata masih banyak juga yang melanggar Perda maupun PKPU di masa tenang hari ini,” imbuhnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.