HMI Tuntut SBY Selesaikan Kasus Bank Century

Demo HMI di Patung Letda Soetjipto
Demo HMI di Patung Letda Soetjipto

kotatuban.com – Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tuban melakukan aksi demonstrasi di bundaran patung Letda Sucipto, Rabu (12/3). Aksi yang dilakukan organisasi mahasiswa tersebut dalam rangka menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia (RI) Susilo Bambabang Yudoyono (SBY), Kamis (13/3) besok.

Dalam aksinya para mahasiswa menuntut SBY untuk segera menyelesaikan kasus Bank Century yang melilit Wakil Presiden RI Budiyono. Selain itu, para mahasiswa menuding bahwa dalam penyelesaian kasus Bank Century terkesan ada tebang pilih. ”Kami menuntut segera diselesaikan kasus Century, dan tidak ada tebang pilih dalam penyelesaian kasus tersebut,” ujar Ketua Cabang HMI Tuban, Abdul Rohim saat dikonfirmasi disela-sela aksi.

Selain penuntasan Bank Century mahasiswa tersebut juga menuntut agar SBY dalam kunjungannya ke Jawa Timur, khususnya Tuban tidak terkait dengan urusan politik. Pasalnya, dia saat berkunjung ke Tuban menggunakan fasilitas negara dan sebagai kepala negara bukan ketua Partai Politik (Parpol). ”Kita menolak SBY jika lawatannya ada unsur politik,” ungkap aktivis asal Parengan tersebut.

Selain itu, para mahasiswa tersebut juga menuding jika pemerintahan saat ini gagal dalam mengelola Sumber Daya Alam (SDA). Pasalnya, saat ini kekayaan alam milik Indonesia banyak yang dikuasai oleh orang asing. Padahal, dalam amanat undang-undang dasar (UUD) 45 kekayaan alam sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. ”Apa yang kita lihat saat ini rakyat banyak yang miskin gara-gara SDA sudah dikuasai oleh orang asing. Ini merupakan salah satu kesalahan negara dalam pengelolaan SDA,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.