Hujan, Petani Mulai Tanam

Petani mulai tanam jagung
Petani mulai tanam jagung

kotatuban.com-Petani disejumlah kecamatan di Kabupaaten Tuban mulai terjun ke ladang maupun lahan persawahan untuk bercocok tanam, setelah hujan mulai mengguyur wilayah Tuban.

Pantauan kotatuban.com, petani yang mulai kembali beraktifitaas di ladang maupun persawahan, diantaranya, petani di Kecamatan Kerek, Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Montong. Mereka nampak menanam jagung di lahan yang sebelumnya telah dipersiapkan dengan memberikan pupuk kandang sebagai dasar benih jagung.

“Tanam jagung mas,” jawab Gambari (50) warga Pucangan Montong saat ditanya kotatuban.com.

Dikatakan Gambari, meski hujan sebenarnya belum terlalu sering, menanam jagung di awal musim sudah biasa dilakukan petani. Mereka beralasan tidak ingin ketinggalan dengan petani lain yang juga sudah mulai menanam jagung. Selain itu lahan yang sudah mulai basah memungkinkan benih jagung sudah dapat ditanam mulai saat ini.

“Tanah sudah basah, yang penting sudah bisa ditanam jagungnya, kalau tidak sekarang bisa ketinggalan dengan yang lain,” terang Gambari.

Tidak hanya di ladang, pemandangan serupa juga nampak di lahan persawahan. Sebagian besar lahan persawahan yang sudah mulai terisi air sudah digarap pemiliknya dengan membuat tempat persemaian benih padi. Benih itu bibit musim tanam pertama yang akan dilaksanakan sekitar satu bulan lagi. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.