IPM Tuban Terus Menunjukkan Tren Naik

Bupati Tuban Fathul Huda
Bupati Tuban Fathul Huda

kotatuban.com – Dari tahun ketahun Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban selalu mengalami kenaikan. Pada tahun 2013 Kabupaten Tuban memiliki angka IPM sebesar 69,13. Sedangkan, pada tahun sebelumnya Tuban memiliki angka IPM 67,02. Sehingga, dalam satu tahun Kabupaten Tuban mengalami kenaikan angka IPM sebesar 2,11. Hal ini disampaikan Bupati Tuban, Fathul Huda kepada sejumlah wartawan, Minggu (2/3).

Menurutnya, kenaikan IPM di Kabupaten Tuban tersebut indikasi perbaikan sistem pendidikan, kesehatan, dan ekonomi di Kabupaten Tuban. ”Kami berkomitmen akan terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bupati Huda mengatakan, untuk meningkatkan IPM tersebut Kabupaten Tuban mendorong terus dalam bidang pendidikan dan kesehatan. Bahkan, Kabupaten Tuban menganggarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 43 persen untuk bidang pendidikan. ”Pada tahun 2014 ini APBD kita sebesar Rp 1,5 terilyun, dan untuk pendidikan sekitar Rp 600 miliyar,” terangnya.

Menurutnya, pendidikan di Tuban terus didorong untuk maju. Hal ini seperti yang terlihat hampir disetiap kecamatan se Kabupaten Tuban ada SMA dan SMK. Pendidikan ini penting untuk didorong untuk maju. Pasalnya, pendidikan adalah pondasi utama untuk mencapai kesehatan dan taraf ekonomi masyarakat yang lebih baik. ”Tanpa pendidikan yang baik, kesehatan masyarakat juga sulit terlaksana. Selain itu, tanpa pendidikan ekonomi masyarakat juga sulit untuk naik. Sehingga, jika suatu daerah inggin maju pendidikannya harus maju terlebih dahulu,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.