Isak Tangis Bahagia, Sambut Kedatangan Jamaah Haji

kotatuban.com-Isak tangis keluarga warnai kedatangan jamaah haji yang tergabung dalam kloter 54, asal Kabupaten Tuban. Jamah haji yang tiba pukul 09.00, Sabtu (1/11) di lapangan Kompi Senapan C 521 langsung disambut isak tangis kebahagiaan keluarga mereka. Sebanyak 323 jamaah haji yang datang dengan tujuh armada bus langssung di sambut keluarga yang sudah menunggu sejak pagi di lokassi penjemputan.

Isak tangis warnai kedatangan jamaah haji
Isak tangis warnai kedatangan jamaah haji

“Alhamdulillah, kedatangan haji gelombang pertama yakni kloter 54 berlangsung lancar,” ujar Panitia Penyelanggara Ibadah Haji (PPIH) Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Badrus Soleh.

Badrus mengatakan, proses penjemputan kali ini lebih ringan dibanding sebelumnya, karena amaah terbagi menjadi dua gelombang, proses pengambilan barang bawaan jamaah haji juga tidak seperti tahun sebelumnya yang masih banyak ditemukan salah angkut (tertukar) antar jamaah.

“Kami bersyukur karena ini tidak terlalu banyak, jadi tidak terlalu semerawut. Pengambilan barang bawaan jamaah juga lebih tertib karena jumlahnya lebih sedikit karena terbagi menjadi dua gelombang,” kata Badrus.

Demi menjaga ketertiban lanjut Badrus, panitia dibantu petugas keamanan (TNI dan Polri) membatasi jumlah keluarga yang masuk area penjemutan, petugas juga memeriksa agar tidak sembarangan orang masuk dengan meminta penjemput menunjukan kartu identitas keluarga, yang sebelumnya telah dibagikan kepada keluarga oleh PPIH Kemenag Tuban.

Barang dalam koper besar milik jamaah diangkut sendiri menggunakan dua truk barang. Saat diturunkan, petugas memanggil satu persatu koper milik jamaah haji yang kemudian diambil oleh keluarganya sesuai nama dan nomor penjemputan.

“Agar tidak tertukar, kami panggil satu persatu barang bawaan milik jamaah,” imbuh Badrus.

Sementara itu, untuk jamaah haji asal Kabupaaten Tuban yang tergabung dalam kloter 55, sebanyak 444 jamaah, dijadwalkan tiba di Tuban, Minggu (02/11) sekitar pukul 06.00. Mereka akan dijemput panitia dengan menggunakan 10 armada bus dari bandara Juanda Surabaya, dan dijemput oleh keluarga mereka di lokasi yang sama. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.