ISPA Hantui Warga Tuban

Penderita ISPA yang tengah diraw2at di rumah sakit
Penderita ISPA yang tengah diraw2at di rumah sakit

kotatuban.com – Gangguan saluran pernafasan atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) merupakan penyakit paling banyak diderita masyarakat Tuban. Gangguan pernafasan tersebut rata-rata diderita oleh masyarakat yang tinggal disekitar industri.

Gangguan saluran pernafasan tersebut ternyata masuk pada 10 penyakit yang terbanyak diderita warga Tuban. Hal ini menurut data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban yang melakukan kunjungan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se Kabupaten Tuban.

”Ada 10 penyakit yang tercatat dari hasil kunjungan kita ke Puskesmas-Puskesmas. Dan yang paling banyak dan perlu mendapatkan perhatian khusus adalah penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pernafasan,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Jumat (27/06).

Menurutnya, ke sepuluh penyakit yang banyak diderita masyarakat Tuban tersebut, adalah ISPA, pegal linu, penyakit lambung, darah tinggi, rematik, gatal-gatal, influenza, diare, penyakit panas, dan kencing batu. Sedangkan, penyebab penyakit gangguan pernafasan tersebut terjadi banyak faktor yang menyebabkan. Diantaranya, karena gangguan lingkungan, seperti pencemaran udara dan air. Selain itu, bakteri, virus, bahkan asap rokok juga menjadi pemicu gangguan pernafasan.

Saat disinggung apakah penyebab banyaknya ditemukan penyakit saluran pernafasan tersebut dikarenakan banyaknya dunia industri di Kabupaten Tuban. Dia enggan untuk mengomentari hal tersebut lebih banyak lagi. ”Kalau apakah yang menyebabkan banyaknya gangguan pernafasan tersebut karena industri, harus ada penelitian lebih lanjut dulu. Selain itu, juga perlu kajian dan data-data yang valid, tidak bisa langsung vonis,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.