Jadwal Terlambat, KPUK Tuban Baru Terima Surat Suara DPR dan DPRD Propinsi

kotatuban.com– Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 tinggal 1 bulan lagi. Namun surat suara untuk Kabupaten Tuban belum dikirim lengkap diterima KPUK Tuban. Hingga berita ini diturunkan, KPUK Tuban baru menerima dua jenis surat suara, yakni surat suara untuk DPR RI dan surat suara untuk DPRD Propinsi, masing-masing sejumlah 941.315 lembar surat suara.

“Hinga hari ini baru dua jenis surat suara saja, yaitu DPR RI dan DPR Provinsi. Sisanya Insya Allah akan datang besok dan senin,” ujar Heru Prapto, Komisioner KPUK Tuban Divisi Logistik.

Menurut Heru, surat suara yang datang itu akan didistribusikan ke PPK paling lambat hari Kamis. Selanjutnya, PPK segera melakukan pensortiran dan pelipatan surat suara, sebab proses pelipatan yang sebelumnya direncanakan dilaksanakan di KPUK batal dilaksanakan dengan pertimbangan sempitnya waktu.

“Dengan distribusi ini, masing-masing PPK masih memiliki waktu sekitar 15 hari terhitung mulai pendistribusian hingga tanggal 31 Maret. Selanjutnya PPK segera melakukan distribusi surat suara ke PPS pada H-2,” terang Heru.

Menurut Heru, jumlah surat suara yang diterima KPUK Tuban sudah ditambah 2 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 922.858 pemilih.

Jumlah tersebut belum termasuk jika dalam proses distribusi terdapat kekurangan maupun kerusakan. Sehingga jika ditemukan kerusakan maupun kekurangan, maka KPUK Tuban akan mengajukan tambahan sesuai kekurangan itu ke KPU Pusat.

Meski dalam proses pengiriman terdapat kemunduran dari jadwal semula, Heru yakin hal tersebut tidak akan menghambat proses sortir dan pelipatan, karena waktu sekitar 15 hari itu diasumsikan cukup.

“Asumsinya, jika pendistribusian kami mulai besok rabu, PPK mempunyai waktui 15 hari untuk pelipatan dan sortir,” katanya.

soal lambatanya pengiriman surat suara, pihak KPUK Tuban mengaku tidak mengetahui penyebab pasti. Namun, menurut penuturan pihak ekspedisi, jadwal Tuban memang mundur dari rencana semula dan mendapat giliran terakhir distribusi.

“Kata pihak pengangkut, Tuban memang jatahnya terakhir mas, itu informasi yang kami terima dari pihak ekspedisi,” imbuh Heru. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.