Jagung Tuban Mampu Menjadi Komoditi Andalan

kotatuban.com – Kabupaten Tuban tidak hanya memiliki kacang tanah yang menjadi komoditas terbaik. Namun, jagung dari Kabupaten Tuban juga memiliki kualitas yang cukup baik dibanding daerah lainnya. Jagung dari Bumi Wali memiliki kualitas terbaik nomor tiga se Jawa Timur.

Jagung jadi produk andalan pertanian di Tuban
Jagung jadi produk andalan pertanian di Tuban

Jagung yang tumbuh di Bumi Wali memiliki butiran – butiran atau bulir yang besar-besar. Selain itu, rasanya juga cukup gurih dan kandungan air jagung Tuban juga rendah. Hal inilah yang membuat kualitas jagung Tuban menjadi nomor tiga yang terbaik se Jawa Timur.

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husain saat dikonfirmasi kotatuban.com, Rabu (23/1). Menurutnya, karena jagung Tuban mampu diterima oleh masyarakat luas, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mengembangkan hasil pertanian  jagung tersebut. ”Bahkan, Pak Bupati menganjurkan seluruh camat se Kabupaten Tuban untuk menanam jagung,” tuturnya.

Menurutnya, sudah saatnya jagung tidak sekadar menjadi konsumsi semata, tetapi perlu juga dijadikan salah satu komoditas ekonomis untuk menambah pendapatan ekonomi keluarga dan masyarakat Tuban. Sehingga, nantinya tidak hanya kacang tanah saja yang menjadi komoditi andalan Tuban. ”Jika jagung telah diterima pasar dengan baik, pasti nanti kesejahteraan petani jagung akan meningkat,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.