Jalan Manderjo Tergenang Air Rawan Laka

Tergenang air saat hujan
Tergenang air saat hujan

kotatuban.com– Kondisi jalan berlubang sepanjang kurang lebih 100 meter di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, rawan Kecelakaan lalulintas (Lakalatas). Jalur utama penghubung antar kecamatan tersebut kerap tergenang air saat hujan mengguyur kawasan tersebut.

Selain rawan laka, air setinggi 25 centimeter yang menggenang juga kerap membuat macet jalan yang tidak memiliki saluran pembuagan di sisi kanan dan kirinya itu.

Menurut Tadin (30) warga Mandirejo, yang tinggal disekitar jalur tersebut mengatakan, setiap hujan mengguyur, jalan yang berada tepat didepan bengkel miliknya itu selalu tergenangi air. Tiadanya saluran pembuangan juga memperparah kondisi jalan yang terdapat beberapa lubang karena air tidak dapat mengalir kemana-mana.

“Parah mas, ini bisa sampai sehari belum habis airnya karena sisi kanan dan kiri tidak ada saluran air,” kata Tadin.

Menurut Tadin, jalan tersebut juga beberapa kali menelan korban, warga yang kurang berhati-hati saat melintas kerap terperosok dalam lubang yang tertutup air. Jalan akan semakin berbahaya saat air setengah kering meninggalkan bekas lumpur dan cukup licin. “Kalau gak hati-hati bisa jatuh mas, kemarin saja sampai ada orang jatuh di sini kakinya patah,” terang Tadin.

Warga yang tinggal di sisi jalan tersebut berharap, pemerintah segera membuatkan saluran pembuangan, sebab, jika air terlalu banyak dilalui kendaraan, air akan meluber dan masuk kedalam rumah. “Kalau banyak kendaraan dan situ (jalan) banyak airnya kadang masuk bengkel saya mas, pemerintah sepertinya diam saja, bupati saja sering lewat sini, masak tidak diperbaiki,” harap Tadin.

Sebenarnya, lubang di jalan tesebut sempat beberapa kali ditambal, namun kualitas tambalan yang tidak terlalu baik membuat jalan tersebut kembali rusak karena terkikis air dan padatnya kendaraan yang melintas di jalur tersebut. “Kemarin ditambal mas, tapi cuman gitu saja ya mengelupas lagi, wong banyak kendaraan  di sini,” terang pria yang berprofesi sebgai montir itu. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.