Jelang Idul Fitri, Polres Gelar Oprasi Pasukan

Apel siaga lebaran
Apel siaga lebaran

kotatuban.com – Polres Tuban menyelenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2014 di Lapangan Polres Tuban, Senin (21/07). Apel pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Tuban,  Fathul Huda. Sedangkan, peserta apel tersebut melibatkan Jajaran Polres Tuban, Kodim 0811 Tuban, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Pramuka.

Dalam apel tersebut, bupati  membacakan sambutan tertulis dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jendral Polisi Drs. Sutarman. Mengungkapkan, bahwa Gelar Pasukan tersebut diadakan secara serentak disemua Polda dan Polres se Indonesia. Karena gelar pasukan tersebut merupakan tahapan penting untuk memastikan bahwa Polri beserta seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat benar-benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana dan prasarana yang akan digunakan sebelum diturunkan ke lapangan menjelang datangnya hari raya idul fitri 1435 H.

Menurutnya, dalam kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan pengecekan mendetail. Sehingga, seluruh rencana yang telah dirancang dengan matang, dapat diimplementasikan secara optimal. Dengan demikian, keamanan, kenyamanan dan kondusifitas pada perayaan Idul Fitri 1435 H benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

”Tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pemudik sebanyak kurang lebih 27,9 juta jiwa atau 7 persen dari jumlah pemudik tahun lalu. Kondisi ini membawa pengaruh terhadap timbulnya berbagai potensi kerawanan , baik dari segi kriminalitas maupun Kamseltibcar Lantas seperti kemacetan dan kecelakaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolri mengatakan, walaupun terdapat tren penurunan gangguan pada operasi tahun lalu. Namun, secara umum jumlah seluruh kejadian masih relatif tinggi, oleh karena itu diperlukan upaya sungguh-sungguh disertai kebulatan tekad dan komitmen untuk bersama-sama mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang dimiliki.

”Sehingga berbagai potensi kerawanan pada pengamanan lebaran tahun ini dapat diminimalisir secara lebih signifikan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban, AKBP Ucu Kuspriadi, menjelaskan, bahwa Jajaran Polres Tuban dan semua instansi terkait akan memulai Operasi Ketupat Semeru 2014 selama 16 hari, dari 22 Juli 2014 sampai dengan 6 Agustus 2014 sesuai dengan petunjuk dari Kapolri. Adapun, yang difokuskan adalah pada pengamanan segala bentuk aktivitas masyarakat serta arus lalu lintas perjalanan mudik maupun kembalinya dengan mengedepankan kegiatan pencegahan dan penegakkan hukum secara proporsional.

”Sehingga, para pemudik dapat merasa aman dan nyaman,” pungkasnya, usai gelar apel pasukan, Senin (21/7). (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.