Jelang Natal dan Tahun Baru Swalayan Dirazia

petugas mendata makanan hampir kadaluarsakotatuban.com-Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemeerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Dinas Perekonomian dan Dinnas Kesehatan melakukan razia makanan dan minuman (mamin) disejumlah swalayan di Kabupaten Tuban, Kamis (18/112).

“Razia ini adalah untuk memastikan peredaran makanan dan minuman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru amman dan tidak ada yang kadaluarsa,” ujar Seksi Perlindungan Konsumen, Bidang Perdagangan, Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Krisna Lumiwa.

Dijelaskan, selain mengantisipasi makanan dan minuman kadaluwarsa yang beredar, razia tersebut juga untuk memastikan seluruh makanan yang biasa dibuat bingkisan maupun parsel memiliki ijin dari badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Selain itu juga merazia makanan maupun minuman yang beredar tanpa label BPOM,  termasuk yang mendekati kadaluwarsa juga kami minta untuk tidak dijual,” terang Krisna.

Meski tidak menemukan makanan atau minuman yang kaadaluwarsa, maupun tanpaa label BPOM, petugaas mendapati sejumlah minuman kemasan dan susu kaleng dalam keadaan rusak yang sudah tidak layak jual.

“Tadi disalah satu supermarket kita temukan sejumlah minuman kemasan rasa buah, dan juga susu yang rusak. Itu seharusnya tidak layak dijual, karena memudahkan bakteri masuk. Kita minta agar tidak dipajang di etalase,” lanjut Krisna.

Rencananya, razia makanan dan minuman akan gencar dilakukan menjelang Natal hingga pasca perayaan pergantian Tahun Baru 2015. Selain di mini market, razia juga akan dilakukan petugas di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tuban.

“Razia akan rutin kita laksanakan untuk memberikan rasa nyaman bagi konsumen, menjelang perayaan natal dan tahun baru,” pungkas Krisna. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.