Jelang Ramadan Pengunjung Sunan Bonang Membludak

Peziarah Sunan Bonang
Peziarah Sunan Bonang

kotatuban.com – Menjelang datangnya bulan Ramadan pengunjung makam Sunan Bonang membludak, Selasa (10/06). Pengunjung yang datang untuk berziarah kesalah satu makam Wali Sembilan tersebut bisa 3-4 kali lipat dibandingkan pada hari biasanya.

Ketua Yayasan Mahbarot Sunan Bonang, Akhmad Munzir saat dikonfirmasi kotatuban.com, melalui ponselnya mengungkapkan, makam Sunan Bonang akan ramai dikunjungi oleh peziarah pada bulan Muharrom, Rojab, dan akan lebih ramai lagi pada bulan Sa’ban.

”Hari ini saja yang sudah konfirmasi dari kemarin dan akan berziarah di Makam Sunan Bonang ada 102 bus atau sekitar 7 ribu orang. Peziarah ini katanya datang dari Pasuruan. Belum lagi yang datang tanpa konfirmasi terlebih dahulu juga banyak. Sehingga, pada bulan menjelang Ramadan seperti ini makam tidak pernah sepi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mundzir mengatakan, ramainya di Makam Wali Sembilan yang memiliki nama Makdum Ibrahim tersebut diprediksi hingga menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. ”Biasanya ramainya peziarah ini hingga menjelang H-3 hari raya Idul Fitri,” tandasnya.

Sementara itu, Hamzah, salah satu peziarah asal Pasuruan saat ditemui kotatuban.com mengungkapkan, dirinya beserta rombongan lainnya sengaja datang untuk berziarah di makam Sunan Bonang saat menjelang bulan Ramadhan. Pasalnya, pada bulan seperti ini pesantren dan sekolahan sudah mulai liburan. Sehingga, dimanfaatkan untuk berziarah. ”Ya, mas ini lagi liburan pesantren, sehingga digunakan untuk ziarah wali,” pungkasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.