Jelang Tahun Ajaran Baru Toko Buku Ramai Dikunjungi Pelajar

Pelajar tengah mencari buku persiapan tes perguruan tinggi
Pelajar tengah mencari buku persiapan tes perguruan tinggi

kotatuban.com– Jelang tahun ajaran baru dan penerimaan penerimaan mahasiwa baru 2014, buku panduan dan kisi-kisi soal ujian masuk perguru tinggi, paling laris diserbu calon mahasiswa baru.

Hal itu seperti yang terlihat di toko buku di jalan Diponegoro Tuban, sejak pagi, toko yang buka setiap hari itu, banyak didatangi pelajar. Mereka umumnya mencari buku latihan soal dan kisi kisi tes masuk perguruan tinggi atau buku mantab Seleksi Bersama Masuk Paergruan Tinggi Negeri (SBM-PTN).

Menurut pelayan toko, M Rohim,  setelah pengumuman kelulusan pertengahan bulan Mei lalu, permintaa buku soal dan kisi-kisi tes masuk pergurua tinggi meningkat tajam. Bahkan, untuk beberapa penjurusan tertentu seringkali kehabisan stok karena banyakya permintaan dari pelajar.

“Banyak mas, sejak pengumuman kelulusan SMA kemarin itu. Semakin banyak yang mencari untuk persiapan tes masuk perguruan tinggi,” kata Rohim.

Rohim mengaku, dalam satu hari sedikitnya belasan buku persiapan seleksi masuk peeguruan tinggi terjual dibeli pelajar. Selain pelajar,  beberapa pembeli juga orang tua yang membelikan untuk anaknya.

Sementara itu, Rosdiana (18) salah seorang pembeli mengaku, mencari buku kisi-kisi soal tes masuk perguruan tinggi untuk persiapan tes masuk perguruan tinggi.

“Ya untuk persiapan saja mas, siapa tahu yang saya pelajari dari buku ini justru yang diujikan di perguruan tinggi,” kata Rosdiana.

Siswa lulusan madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tuban itu mengaku, akan menempuh pendidikan lanjutan ke Kota Malang. Sayangnya buku yang dicari sesuai penjurusan yang akan diambilnya sudah habis terjual.  “Gak jadi beli mas, yang saya cari katanya sudah habis,” ungkapnya. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.