Kapolres Tuban Ajak Siswa Kenali Pahlawan Bangsa

kotatuban.com – Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fadly Samad, mengajak ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Bina Anak Soleh (BAS), pada momentum peringatan Hari Pahlawan, Kamis (10/11).
Pada kesempatan tersebut perwira polisi kelahiran Makasar tersebut mengajak para siswa untuk mengenali pahlawan bangsa. Selain itu, pada kegiatan tersebut dialog antara kapolres dengan para siswa tampak berjalan sangat menarik.
”Hayo siapa diantara kalian yang mengetahui arti pahlan,” tanya Kapolres Tuban Fadly Samad kepada para siswa.
”Pahlawan itu pejuang,” kata seorang siswa bernama Alif, dengan berani menjawab pertanyaan Kapolres Tuban.
Sebagai apresiasi atas jawaban siswa, Fadly Samad meminta siswa lain bertepuk tangan. Selain itu, kapolres juga memberikan hadiah kepada siswa yang telah menjawab pertanyaan yang dia ajukan.
“Ada hadiah buat Mas Alif, karena sudah menjawab pertanyaan saya,” kata Kapolres Fadly yang langsung membuat siswa lain berebut ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya.
”Sekarang mari kita lihat, diantara gambar ini siapa yang pahlawan?” tunjuk Fadly Samad ke layar lebar, gambar atas kiri merupakan kumpulan tokoh kartun seperti batman, dan tokoh-tokoh super hero lainnya, kemudian gambar bawah kanan adalah serombongan orang yang mengenakan ikat kepala merah putih.
”Itu om, yang pahlawan…..gambar yang bawah,” teriak seorang siswi bernama Lisa yang duduk dibagian depan, sambil menunjuk-nunjuk gambar yang terletak di bawah kanan.
“Jadi…pahlawan adalah seseorang yang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Rela berkorban jiwa raga buat orang lain dan masyarakat,” terang Kapolres Tuban di sela-sela memberikan pertanyaan kepada para siswa.
Diskusi Kapolres Tuban dengan siswa SD BAS berjalan cukup semarak. Kuis bergambar buat siswa itu diselipi dengan pengetahuan mengenai sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan. Siswa kembali diajak untuk mengenali Soekarno, Bung Hatta, Bung Tomo, dan juga pahlawan-pahlawan lain. Kemudian juga diajak memahami pahlawan di era sekarang, seperti orang tua, guru, polisi, dan juga berbagai profesi yang lainnya.
Sementara itu, Waka Bidang Kesiswaan dan Humas SD BAS, Umi Muarifah, menjelaskan acara hari ini diikuti 670 siswa berasal dari kelas 1 sampai kelas 6. ”Acara peringatan hari pahlawan seperti ini selalu kita adakan setiap tahun,” terang Umi.
Menurutnya, kegiatan peringatan hari pahlawan ini untuk menumbuhkan nilai-nilai nasionalisme kepada para siswa. Selain itu, juga untuk menanamkan cinta tanah air didiri para siswa sejak dini.
”Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa juga dapat menghargai dan menghormati, tidak saja kepada para pahlawan bangsa saja. Tetapi, juga kepada orang tua,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.