Angka Kecelakaan di Tuban Nomor I di Jatim

kotatuban.com – Kecelakaan lalulintas di Tuban didominasi kendaraan roda dua. Dari jumlah kasus kecelakaan pada tahun 2016 yang tercatat hingga 26 Desember mencapai 1.486 kasus, sekitar 65 persennya adalah kecelakaan kendaraan roda dua. 

Selain didominasi kendaraan roda dua, jumlah kasus kecelakaan juga mengalami peningkatan sekitar 400 kasus lebih dari tahun 2015 yang jumlahnya 1.065 kasus kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Eko Iskandar mengatakan, kasus kecelakaan lalulintas di Tuban dalam satu bulan rata-rata terjadi 130 kasus. Dari jumlah kasus kecelakaan itu, kecelakaan yang melibatkan kendaraan roda dua menempati urutan tertinggi.

“Perbulan masih di atas seratusan, dan dominasinya kendaraan roda dua sekitar 65 persen,” kata AKP Eko

Tingginya kasus kecelakaan itu, menurut Kasat Lantas, Kabupaten Tuban berada diperingkat tertinggi kasus kecelakaan lalulintas di jajaran Polda Jawa Timur, dengan urutan pertama atau kedua.

“Kalau kita peringkat satu atau dua tertinggi di Jatim,” lanjut Akp Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, faktor penyebab kecelakaan lalulintas di Tuban paling banyak adalah faktor jalan yang tidak seimbang dengan jumlah kendaraan. Padatnya kendaraan ditambah lagi kendaraan kecil dan besar yang menyatu dalam satu jalan memungkinkan kecelakaan lebih sering terjadi.

“Faktor utama kecelakaan adalah sarana jalan, jalan sempit kendaraan besar, kecil, sepeda motor, dan truk gabung dalam satu jalur,” katanya.

Untuk menekan jumlah kecelakaan di Tuban, berbagai upaya pencegahan sudah dilakukan satuan lalulintas Polres Tuban, diantaranya dengan memberikan sosialisasi. Penjagaan di jalur-jalur rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan, serta pendekatan kepada komunitas atau pun pemberian wawasan lalulintas di sekolah dan lembaga pendidikan juga terus dilakukan.

“Sebenarnya ini adalah tanggungjawab bersama, tidak hanya polisi. Kesadaran masyarakat dalam tertib berkendara juga penting. Upaya selalu kita lakukan dengan sosialisasi baik kepada pelajar mau pun komunitas,” pungkas Kasat Lantas. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.