Kemarau, Waspadai Bahaya Kebakaran

Kebakaran semacam  ini sering terjadi di musim kemarau
Kebakaran semacam ini sering terjadi di musim kemarau

kotatuban.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menghimbau masyarakat Tuban mewaspadai bahaya kebakaran saat musim kmarau seperti skarang ini. Terutama bagi warga yang tinggal di kawasan pinggiran hutan, seperti parengan dan Kecamatan Montong.

“Kita ambil contoh seperti desa Nguluhan, Montong dan Prataan, Parengan, banyak pemukiman warga di pnggir hutan. Kondisi cuaca panas dan cnderung kering membuat sumber api sekecil apapun seperti puntung rokok,  yang dibuang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan, yang  akan menjaar ke pemukiman,  jika warga tidak berhati-hati dan waspada,” ujar Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono.

Dia menjelaskan, potensi kebakaran saat musim kemarau tidak hanya terjadi di pemukiman sekitar hutan yang hampir setiap tahun terjadi. Namun, pemukiman jauh dari hutan pun juga tidak lepas dari potensi kebakaran karena cuaca kering.

Disamping itu, berbagai bentuk antisipasi juga telah dilakukan BPBD, salah satunya dengan memberikan sosialisasi dan menyampaikan himbauan, melalui camat dan perangkat desa di masing-masing kecamatan dan desa.

“Kami juga selalu berhubungan dengan para camat,  selain soialisasi kami juga meminta kepada mereka agar sebera melapor jika ada kebakaran terjadi, dan tentunya kami juga berkordinasi dengan pihak Pemadam Kebakaran Pemkab Tuban,” imbuh Joko. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.