Klenteng Kwan Sing Bio Sembelih 30 Babi untuk HUT Kongco

Penjual
Penjual cinderamata ramaikan HUT Kwan Sing Tee Koen

kotatuban.com –  Klenteng Kwan Sing Bio Tuban menyiapkan 30 babi dan 25 ton beras untuk dimasak dalama rangka peringatan hari ulang tahun Kongco Kwan Sing Tee Koen ke 1854 tahun ini.Untuk acara tahunan itu, pengurus Kwan Sing Bio juga menghadirkan Surkianih pendangdut asal ibu kota yang akrab disapa Zaskia Gotic.

Selain nama Zaskia Gotik, artis ibukota lain, May Tan dan Melinda juga turut meramaikan acara tahunan tersebut. Tak ketinggalan, pengurus klentheng juga menyuguhkan penampilan collosal dance excedio showtime Niu Lang Zhi Nu.

Pengurus klentheng mengundang para anggota forum pimpinan daerah untuk turut menyaksikan puncak . Mereka yang diundang, antara lain, Bupati Tuban, Fatkhul Huda, Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Kepala Kejaksaan Negeri, Dandim 0811, dan Ketua Pengadilan Negeri.

Ketua Umum Klentheng Kwan Sing Bio, Gunawan Putra Wirawan menuturkan, untuk meramaikan ulang tahun Kongco, pihaknya telah menyebarkan 12.600 undangan ke pengurus klentheng di seluruh Indonesia.

“Kami juga mengundang umat dari Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, dan Taiwan. Namun, undangan dari luar negeri yang kelihatan sudah hadir dari Malaysia,” tutur Gunawan saat ditemui di sela mempersiapkan puncak acara ulang tahun, Selasa (26/07).

Puncak acara ulang tahun Kongco tahun ini terlihat lebih sepi dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 35.000 orang. Hal ini disebabkan karena tahun ini tidak disertai dengan kirab patung Kongco seperti tahun lalu.

“Selain itu, acara ini waktunya berdekatan dengan acara klentheng di daerah lain sehingga rombongan tersebar. Seperti di kirab di klentheng Malang tanggal 16 Juli, Pamekasan tanggal 19 Juli, Mbah Ratu Surabaya tanggal 30, dan tanggal 31 Sampokong di Semarang,” tukas Gunawan.

Pantauan di lokasi acara di kawasan Klentheng Kwan Sing Bio di Jalan RE Martadinata, sejak pagi hari umat klenteng dari luar daerah sudah berdatangan. Selain perayaan ulang tahun kongco, pengurus juga menggelar makan bersama. (yit)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.