KPUK Tuban Kerahkan 400 Tenaga Pelipat Surat Suara

kotatuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, akan mengerahkan sekitar 400 orang untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan untuk Pemilu Legislatif 9 April 2014. Sedangkan, untuk pelipatan kartu suara tersebut akan dilakukan ditingkat kecamatan.

Surat suara dan logistik Pemilu di gudang logistik KPU Tuban
Surat suara dan logistik Pemilu di gudang logistik KPU Tuban

Divisi Logistik KPU Kabupaten Tuban, Heru Prapto saat dikonfirmasi kotatuban.com, Senin (10/2) mengungkapkan, pelipatan kartu suara akan dilakukan ditiap-tiap kecamatan. Sehingga, jumlah pelipat surat suara berbeda-beda disetiap kecamatan, tergantung banyaknya kartu suara yang ada di kecamatan tersebut.

”Jika surat suaranya banyak ya jumlah pelipatnya banyak, jika surat suaranya sedikit ya sedikit, kita sesuaikan lah,” ungkapnya.

Menurutnya, pelipat surat suara tersebut tugasnya tidak hanya melipat saja. Namun, juga harus melakukan penyortiran untuk memisahkan jika ada surat suara yang rusak atau cacat. Sedangkan, biaya penyortiran dan pelipatan tersebut Rp 100 per surat suara. ”Kami targetkan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut maksimal akhir bulan ini,” ujar pria asal Bojonegoro tersebut.

Lebih lanjut Heru mengatakan, jumlah surat suara yang harus disortir dan dilipat se Kabupaten Tuban sebanyak 3.765.260 surat suara. Jumlah surat suara tersebut terdiri dari surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD. Sedangkan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Tuban sebanyak 941.315. ”Jumlah surat suara yang disortir dan dilipat, sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2 persen dan dikali 4,” terangnya.

Menurutnya, dalam proses penyortiran dan pelipatan tersebut, KPU Kabupaten Tuban menekankan agar para tenaga yang disewa tersebut teliti. Sehingga, surat suara yang tidak layak pakai tidak akan masuk dalam kotak suara. ”Ketelitian pelipat suara suara ini betul-betul kita tekankan, agar surat suara yang rusak atau cacat dipisahkan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.