Lagi, Tuban Dapat Tambahan Dua SPBN

kotatuban.com-Kabupaten Tuban pada 2014 ini kembali mendapatkan dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Khusus Nelayan (SPBN). Sebelumnya, dua SPBN telah beroperasi, yakni di Karangagung, Paqlang dan di Bancar, kecamatan Bancar.

Kadin Perikanan dan Kelautan, Tuban, Sunarto
Kadin Perikanan dan Kelautan, Tuban, Sunarto

Sementara tambahan dua SPBN lagi dan tahun ini dipastikan beroperasi, dibangun di Beji, Kecamatan Jenu dan SPBN yang ada di Kradenan, Kecamatan Palang.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto, dua SPBN yang telah beroperasi mempu memberikan pelayanan BBM untuk nelayan 200 kiloliter per bulan.” Tahun ini kapasitasnya juga hampir sama, “ terang Sunarto.

Meski sampai saat ini ketersediaan BBM bagi nelayan masih aman, namun,  pembangunan dua SPBN lagi sangat dibutuhkan bagi nelayan. Aapalagi, jika terjadi lonjakan harga BBM atau kelangkaan solar, BBM yang digunakan nelayan.

“Keluhan nelayan adalah sulit mendapatkan bahan bakar untuk operasional perahu mereka. Dengan adanya SPBN diharapkan bisa mengatasi kebutuhan BBM nelayan di Tuban,” tambah Sunarto.

Selama ini nelayan dalam memenuhi kebutuhan BBM membeli di pengecer, sehingga harganya lebih mahal.  Diharapkan dengan dioperasikannya SPBN akan mampu mengurangi ketergantungan nelayan terhadap penjual BBM eceran. “Dengan begitu biaya operasional nelayan dapat dikurangi, sehingga, pendapatannya akan lebih besar,” imbuh Sunarto. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.