Laut Tuban Mulai Diekplorasi Migasnya

image
Kabag Humas Tuban, Teguh Setyabudi

kotatuban.com – Aktivitas eksplorasi dan sesmik untuk menemukan sumber Minyak dan Gas Bumi (Migas) menyasar di wilayah laut Tuban. Saat ini aktivitas eksplorasi dan sesmik sedang berlangsung di perairan wilayah barat Kabupaten Tuban.

Informasi yang diperoleh kotatuban.com, Jumat (12/12), sejak beberapa bulan terakhir nelayan kerap bersinggungan atau berpapasan dengan kapal yang melakukan eksplorasi.

”Kapal yang mencari minyak ada di utaranya Bulu (Kecamatan Bancar), beberapa kali kami diminta menjauh dan tidak diperbolehkan melaut di sana. Kata orang-orang sedang nyari minyak (eksplorasi), sebelumnya juga di utaranya Kragan (Rembang) dan dilanjutkan di Tuban,” kata Tadi (30), salah satu nelayan asal Kecamatan Jenu.

Sementara itu saat dikonfirmasi mengenai eksplorasi Migas di wilayah laut Tuban, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Media Pemkab Tuban, Teguh Setyobudi, membenarkan kalau sekarang ada proses eksplorasi di lepas pantai kawasan Bancar.

Sedangkan, eksplorasi di laut utara Tuban tersebut dilakukan oleh PT Kris Energi (PT KE) dari Jakarta. Perusahaan ini juga telah melakukan presentasi dan uji seismik sejak tahun 2013 lalu.

”Eksplorasi Migas ada di lepas pantai kawasan Bancar oleh PT Kris Energi dari Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, karena lokasi aktivitas eksplorasi Migas tersebut diatas 12 Kilometer. Secara otomatis menjadi kewenangan dari pemerintah pusat.

”Karena lokasinya di atas 12 Km menjadi kewenangan pusat,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.