Lebaran, Lakalantas Menurun

Jalur Tengkorak Pantura aman
Jalur Tengkorak Pantura aman

kotatuban.com-Jumlah kecelakaan lalulintas (Lakalantas) sepanjang arus mudik hingga baik lebaran Idul Fitri, di Kabupaten Tuban tahun 2014 menurun. Jumlah korban jiwa maupun kerugian material (harta benda) juga tidak separah tahun sebelumnya.

Data yang diperoleh kotatuban.com dari Satuan Laulintas (Satlantas) Polres Tuban menyebutkan, kecelakaan selama operasi ketupat 2014 yang berlangsung mulai H-7 sampai H+7 lebaran terdapat sebanyak 39 kasus lakalantas, dengan korban luka ringan 55 korban, berat 3 korban dan meninggal dunia 3 orang, serta kerugian Material sekitar Rp 33,5 juta.

“Jumlah tersebut menurun drastis dibanding tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 90 kasus, dengan korban luka ringan 73 orang dan korban jiwa 6 orang,” ujar Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Faqih, Rabu (6/8).

AKP Faqih menjelaskan, menuruNnya jumlah kasus laka lantas yang ada di Kabupaten Tuban tesebut tidak lepas dari dukungan seluruh lapisan masyarakat yang mau dan bersedia mentaati aturan berkendara serta lalulintas. Petugas juga terus melakukan penjagaan dilapangan cukup ketat. Petugas juga tak bosan-bosannya memperingatkan pengguna jalan, baik di sepanjang pantura Tuban dan titik rawan laka lainnya. Langkah petugas itu diprediksi mampu menekan jumlah lakalantas.

“Sebagian besar kejadian kecelakaan terjadi di jalan pedesaan dan jalur kecamatan, bukan jalur utama pantura. Memang kita pertebal penjagaan dan patroli sepanjang arus mudik dan balik,” lanjut Faqih.

Kasat Lantas menyampaikan, bahwa sebagian besar penyebab kecelakaan yang terjadi karena faktor manusia. Sebab kondisi jalan di tuban seluruhnya sudah bagus. Pengguna jalan di kawasan pedesaaan dan kecamatan dianggap masih kurang memperhatikan keselamatan berkendara, kurang waspada dan juga melanggar aturan lalu lintas yang ada.

”Sebagian besar faktor kelalaian manusianya. Maka kita selalu berpesan untuk para pengguna jalan selalu berhati-hati, tidak usah buru-buru apalagi ngebut di jalan, patuhi aturan lalu lintas yang ada dan utamakan keselamatan sebagai kebutuhan,” papar Kasat lantas polres Tuban. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.