Logistik Surat Suara Tuntas

kotatuban.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban akhirnya menerima semua logistik surat suara. Surat suara untuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) merupakan surat suara yang diterima KPUD Tuban. Surat suara DPRD yang diterima sebanyak 942 dus, masing-masing dus berisi 1.000 lembar surat suara.

“Ini adalah surat suara terahir yang kami terima, berisi surat suara DPD. Meski ada sedikit kendala seluruhnya sampai dengan aman,” ujar  Komisioner KPUD Tuban Divisi logistik, Heru Prapto, Selasa (11/3).

Surat suara DPD saat diturunkan dari kendaraan di gudang Logistik KPUK Tuban
Surat suara DPD saat diturunkan dari kendaraan di gudang Logistik KPUK Tuban

Dijelaskan, setelah surat terahir ini masuk gudang logistik KPUD, pihaknya akan langsung melakukan ploting dan pembagian sesuai daerah pemilihan (Dapil). Selanjutnya didistribusikan ke tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK).

“Kami  lakukan distribusi Kamis (13/3) besok, setelah pengesetan surat suara DPD, yang sudah datang lebih dahulu sudah kami set perdapil dan kecamatan,” jelas Heru.

Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Tuban diketahui sebanyak 922.858 pemilih, dengan demikian satu jenis surat suara berjumlah  941.315 lembar setelah ditambah  2 persen surat suara cadangan.

Heru mengaku, meski kedatangan logistik sempat mundur dari jadwal semula, hal tersebut tidak akan menghambat proses tahapan pemilu 2014. Sebab, seluruhnya sudah diperhitungkan dan distribusi segera dilaksanakan setelah KPU memanggil masing-masin PPK untuk bimtek pelipatan dan persiapan lainya.

Tertunda Masuk Gudang

Kendaraan ekspedisi yang mengantarkan logistik surat suara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Daerah (KPUD) Kabupaten Tuban mengalami kerusakan di jalan. Akibatnya surat suara itu terlambat datang di KPUD setempat.

Hinga Selasa, (11/3) pagi tadi kendaraan Box bernopol B-9441-MA yang memuat surat suara dari  percetakan Purabaru Taka, Kudus terparkir di tepi Jl Gajah Mada Kota Tuban. Dan sedang dalam perbaikan sejumlah montir kendaraan.

“Kalau jadwalnya sampai gudang pukul 20.00. Namun, kendaraan macet dalam perjalan dan sedikit kendala. Rem kendaraan itu blong, sehingga pengemudi tidak berani melanjutkan perjalanan,” ujar Komisioner KPUD Tuban Divisi Logistik, Heru Prapto, Selasa (11/3).

Demi keamanan pihak KPU langsung berkordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga surat suara tersebut. Baru, sekitar jam 10.30  truk besar tersebut baru masuk gudang logistik di jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Tuban. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.