LSM Cagar Siap Bantu TJP Manfaatkan Goa

Goa di lingkungan SMK TJP Tuban
Goa di lingkungan SMK TJP Tuban

kotatuban.com – Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Cagar Tuban, salah satu lembaga konservasi goa yang ada di Kabupaten Tuban mengapresiasi langkah Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Jaya Prawira (SMK TJP) Tuban akan menggunakan goa sebagai media pembelajaran diluar kelas.

Direktur LSM Cagar Tuban, Edy Toyibi, saat ditemui kotatuban.com, Jumat (03/10) mengungkapkan, pihaknya siap mendukung SMK TJP untuk mengembangkan goa tersebut sebagai media pembelajaran siswa luar kelas.
”Ini trobosan bagus yang dilakukan pihak sekolahan untuk siswa, goa dibuat sebagai salah satu media pembelajaran para siswa. Tuban itukan daerah seribu goa, sehingga sudah selayaknya para siswa tersebut memahami goa,” terang, pria yang juga sebagai Panwaskab Tuban tersebut.
Menurutnya, goa yang ada dilingkungan SMK TJP tersebut memang telah ada didaftar goa yang ada di Tuban. Goa tersebut memiliki lorong-lorong atau ruangan yang cukup luas. Bahkan, menurut sejarah dibawah ruangan gua tersebut sampai dibawah gedung sekolahan tersebut.
”Menurut catatan sejarah goa yang ada memang goa tersebut cukup luas. Tapi sejak dulu oleh masyarakat sekitar digunakan sebagai tempat pembuangan sampah,” ujarnya.
Diberitakan sebelumnya,Baru-baru ini dilingkungan Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Jaya Prawira (SMK TJP), yang berada di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, telah ditemukan sebuah goa.
Pantauan kotatuban.com dilapangan, Jumat (03/10) goa yang ada dilingkungan SMK tersebut, sebelumnya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Selain itu, tempat tersebut juga ditumbuhi semak belukar.
”Tempat ini memang sebelumnya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Dan saat ini mulai dibersihkan,” terang, Gito, salah satu guru SMK TJP saat ditemui kotatuban.com. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.