Madrasah Gunakan Kurikulum Campuran

kotatuban.com-Sekolah yang bernaung di bawah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban akhirnya resmi menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. Namun begitu ada beberapa mata pelajaran yang tetap mwnggunakan Kurikulum 2013 (K 13).

“Berdasaarkan keputusan Menteri Agama RI Nomor 207 tahun 2014, madrasah akan kembali menggunakan kurikulum lama, yakni Kurikulum 2006 pada sementer genap ini,” ujar Kasi Mapenda Kementtrian Agama Kabupaten Tuban, Muhlisin Mufa, Senin (12/1).

Namun demikian, lanjut Muhlisin, tidak seluruh mata pelajaran akan kembali ke kurikulkum lama, sebab ada beberapa mata pelajaran yang masih akan menggunakan K 13. Dengan pertimbangan akan lebih baik dengan pendekatan sistem pendidikan kompetensi  dan karakter Kurikulum 13 itu.

“Khusus untuk mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan mata pelajaran Bahasa Arab tetap menggunakan K13. Ini sesuai misi Kemenag untuk peningkatan karakter. K13 dipandang cocok untuk mata pelajaran itu,” terang Muhlisin.

Sementara terkait buku panduan kurikulum 13, Muhlisin mengaku pada semester genap ini madrasah haya akan menggunakan buku PAI dan Bahasa Arab saja. Sedangkan untuk buku panduan pelajaran umum akan menggunakan buku panduan yang lama.

“Untuk buku kita akan gunakan buku kemarin, kecuali Bahasa Arab dan PAI, kami akan gunakan buku panduan K 13, sementara ini kami baru dapat file copinya,” papar Muhlisin. (kim).

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.