Mahasiswa Tuntut Pemerintahan Jokowi-JK Pro Petani

Tiga mahasiswa (berjas merah) saat menggelar demo di bundaran patung
Tiga mahasiswa (berjas merah) saat menggelar demo di bundaran patung

kotatuban.com – Tiga mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka Hari Tani Nasional (HTN), Kamis (24/09). Aksi ketiga mahasiswa tersebut dilakukan dibundaran patung Letda Sutjipto, depan gedung DPRD Tuban.

Dalam orasinya, mahasiswa tersebut menuntut agara pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kala (Jokowi-JK) kedepan lebih pro dengan petani. Pasalnya, saat ini pemerintahan SBY-Budiono telah gagal melindungi hak-hak para petani.
Dalam aksi, ketiga mahasiswa yang mengenakan jas warna merah ini juga menyerukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi petani. Termasuk dengan tidak maksimalnya pelaksanaan reformasi agraria. Selain itu, juga supaya pemerintah melaksanakan UU Pokok Agraria no 5 tahun 1960.
”Pada pemerintahan SBY pelaksanaan reformasi agraria kurang maksimal. Sehingga, pada pemerintahan Jokowi kami menuntut agar reformasi agraria lebih maksimal dan pro petani,” seru Nonok, salah satu aktivis yang melakukan aksi dalam orasinya.
Para mahasiswa juga sempat menyinggung dengan menolak terkait rencana pembatasan subsidi atau kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan dilakukan pemerintah. Pasalnya, hal tersebut pasti akan memberatkan masyarakat kecil terutama para petani. ”Karena bagaimanapun juga itu akan membawa dampak langsung ke rakyat,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.