Makam Kakek Cak Nun Dipindahkan ke Jombang

kotatuban.com – Makam HM Ikhsan, kakek Emha Ainun Najib yang sudah dikubur di barat komplek makam Sunan Bonang dibongkar dan ‘dimutasi’ ke Jombang. Makam yang sudah 42 tahun lalu itu harus dipindah agar keluarga lebih dekat jika ingin berziarah.

“Kan semua keluarga di Jombang, sehingga, keluarga memutuskan makam ayah dipindah ke Jombang,”  jelas Abdullah Qoyyim (54), putra kedua

Makam kakek Emha Ainun Najib dibongkar
Makam kakek Emha Ainun Najib dibongkar

mendiang sekaligus paman   Cak Nun panggilan akrab budayawan kelahiran Jombang itu.

Diketahui, HM Ikhsan, merupakan ayah dari Halimah, yang tak lain adalah ibu dari Cak Nun. Dikuburkan di Tuban pada tahun 1972 lalu, tepatnya di sebelah barat lokasi makam Sunan Bonang, yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Kota, Tuban.

Makam tersebut, oleh keluarga Cak Nun dipindah ke Desa Menturo, Kecamatan Sumobito, Jombang. Dimana desa ini merupakan asal dan tempat kelahiran HM Ihsan.

Cak Nun sendiri saat berceramah di Tuban sering menceritakan jika kakeknya hidup di Tuban hingga meninggal. Bahkan, saat masih kecil Cak Nun kerap diajak sang kakek untuk menempuh perjalanan dari Jombang ke Tuban menggunakan Cikar (kereta yang di tarik sapi).

Karena latar belakang inilah, Cak Nun sendiri mengatakan kalau dia dan keluarganya seolah punya ikatan kuat dengan kota yang pernah mempunyai pelabuhan besar pada masa kerajaan Majapahit. (ros)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.