Nggak Lulus UN, Siswa Dapat Mengulang Tahun Depan

kotatuban.com– Sejumlah siswa tingkat Sekolah Menengah Atas yang tidak lulus Ujian Nasional (UN)’ dari salah satu Madrasah Aliyah (MA) di Kabupaten Tuban, dipastikan baru dapat mengikuti ujian ulang satu tahun lagi.

Demikian diungkapkan kepala sekasi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) Kementrian Agama Kabupaten Tuban , Muhlisin Mufa, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Jumat (22/5).

“Mereka tetap harus nunggu hingga satu tahun lagi, meski ikut paket C, karena ujian kesetaraan itu sudah dilaksanakan bersamaan dengan ujian nasional kemaren, “ujar Muhlisin Mufa.

Mufa menjelaskan, ujian paket C yang kedua atau ujian susulan yang dilaksanakan setelah ujian nasional hanya untuk siswa yang berhalangan saat pelaksanaan ujian nasional bulan April lalu,bukan siswa yang tidak lulus ujian. Jika tidak menungu satu tahun lagi maka siswa harus mengulang pendidikannya satu tahun dan mengikuti ujian nasional secara umum seperti siswa lainya.

“Ujian paket C yang kedua itu untuk siswa yang berhalangan hadir pada pelaksanaan ujian nasional, seperti seperti sakit atau hal lainnya, bukan untuk siswa yang tidak lulus,” jelas Mufa.

Mufa berharap siswa mau bersabar ,meunggu atau mengikuti pendidikam setahun lagi jika tidak ingin ikut ujian paket C. Jumlah peserta ujian nasional untuk Lembaga di bawah naungan kementrian agama Kabupaten Tuban ada 2.679 siswa. Seluruhnya mengikuyui ujian nasional yang dilaksanakan pada pertengahan April lalu, setelah pengumuman hasi ujian,  8 siswa diyatakan tidak lulus karena nilainya masih berada di bawah nilai minimal kelulusan.

“Yang tidak lulus jangan berkecil hati karena semua pasti ada hikmahnya. Belajar yang rajin untuk mengikuti ujian ditahun berikuynya,” imbuh Mufa.(kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.