Panwaslu dan Tim Gabungan Tertibkan Alat Peraga Kampanye

kotatuban.com –  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) yang bekerjasama dengan KPU Kabupaten Tuban, Kepolisian, dan Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP), secara serentak menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK), Senin (13/1). Kali ini, penertiban alat peraga kampanye oleh tim gabungan dilakukan di empat kecamatan, yakni : Kecamatan Tuban, Semanding, Palang, dan Kecamatan Plumpang.

Dari hasil pantauan di lapangan, pihak Panwaslu bersama tim gabungan melakukan penertiban baleho Caleg yang menyalahi aturan atau tidak sesuai dengan Peraturan KPU 15 Tahun 2013 tentang Kampanye. Satu persatu baliho maupun spanduk Caleg yang dianggap menyalahi aturan dirobohkan Panwaslu bersama tim Gabungan. Terutama baliho Caleg yang menempel di pepohonan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamun Hadi saat dikonfirmasi kotatuban.com di sela-sela melakukan penertiban mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban dan Polres Tuban pada 20 Desember 2013 lalu. Namun, karena padatnya jadwal maka penertiban APK baru bisa dilakasanakan. ”Kemarinkan banyak kegiatan seperti natal dan tahun baru sehingga penertiban APK baru bisa hari ini,” tandasnya.

Lebih lanjut, Sullamul Hadi menegaskan bahwa Panwaslu bersama dengan tim gabungan akan terus melakukan penertiban secara bergiliran di setiap kecamatan hingga tanggal 6 April 2014 mendatang. ”Jadi kegiatan penertiban APK Caleg maupun partai ini akan kita lakukan hingga H – 3 sebelum Pemilu,” ungkapnya.

Meski demikian, selaku Ketua Panwaslu, Sullamul Hadi menyadari bahwa melakukan kampanye adalah kebutuhan partai maupun Caleg. Karenanya, ia mengharapkan, dalam melakukan kampanye parpol maupun Caleg hendaknya mengikuti peraturan maupun tata tertib yang telah ditentukan. Sehingga,  alat peraga kampanye yang dipasang oleh Parpol atau Caleg tidak ditertibkan oleh petugas.

 

”Jika ada Caleg atau Parpol ada yang akan mengambil alat peraga kampanye yang telah kita tertibkan, ya silahkan ambil di kecamatan masing-masing. Soalnya, sehabis ditertibkan dilakukan pendataan oleh Panwascam,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.