PBD Tuban Anggarkan Rp2,6 M untuk Siaga Bencana

image
Joko Ludiono

kotatuban.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, anggarkan dana Rp 2,6 Miliar, untuk siaga bencanaa tahun 2015. Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan penanggulangan bencana seperti banjir dan bencana lain.

“Anggaran kita sifatnya untuk kegiatan, selain itu ada juga dana untuk pengadaan, seperti logistik sembako maupun pengadaan sak untuk penanganan banjir darurat,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Tuban Joko Ludiono, Rabu (17/12).

Dijelaskan, dana Rp 2,6 M tersebut dapat dirubah atau ditambahkan, jika dana tersebut mengalami kekurangan pada saat pelaksanaan penanggulangan bencana. Kekurangannya nanti diambilkan dari dana pengajuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maupun pos anggaran tak terduga dari APBD.

“Anggaran Rp 2,6 M itu dari APBD yang sudah dialokasikan untuk penanggulangan bencana di 2015. Jika kurang nanti dapat diusulkan dari  Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), maupun mengusulkan batuan Provinsi dan  pengajuan dari BNPB,” terang Joko.

Disampaikan Joko, dana Rp 2,6 M tersebut juga telah dimasukkan dalam rencana penanggulangan serta berbagai kegiatan yang berkaitan dengan aktifitas penanggulangan, mulai pra bencana (sebelum bencana/prediksi potensi bencana), saat bencana, hingga pasca bencana, berupa nenanggulangan serta penanganan persoalan pasca bencana.

“Yang pra bencana berupa rencana dan persiapan menghadapi bencana,. Sementara pasca bencana adalah penanggulangan potensi yang terjadi, seerti masalah kesehatan dan lain sebagainya, jika ada yang sakit kita kordinasikan dengan Dinas Kesehatan, jika infra strukrur yang rusak, kita kordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan instansi yaang terkait,” papar Joko. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.