Pemkab Belum Terima Laporan Blow Out Lapangan Tawun

kotatuban.com – Pemesumur minyak tuarintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, hingga saat ini belum menerima laporan terkait tuntutan ganti rugi petani yang sawahnya tercemar akibat blow out sumur tua yang ada di Lapangan Tawun Gegunung, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan

Belum adanya laporan dari petani terkait blow outnya sumur tua yang ada Lapangan Tawun Gegunung tersebut disampaikan, Wakil Bupati (Wabup) Tuban, Noor Nahar Hussein. Menurutnya, sampai saat ini belum ada masyarakat atau pihak lain yang lapor kepada Pemkab terkait hal tersebut.

”Belum ada laporan dari warga terkait blow out, terus ganti rugi yang mana? Pemkab belum mendapatkan laporan sama sekali,” terang, Wabub Noor Nahar saat dikonfirmasi kotatuban.com terkait blow out di Lapangan Tawun Gegunung, Jumat (24/10).

Lebih lanjut, Wabub mengatakan, mengenai permasalahan tersebut harus dilihat terlebih dahulu, apakah ganti rugi kepada petani yang tanamannya rusak gara-gara blow out tersebut harus ditanggung oleh penambang tradisional yang sebelumnya mengelola sumur tua, ataukah kepada Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP).

”Kita harus teliti terlebih dahulu, apakah ganti rugi itu harus ditanggung Pertamina? Ataukah kerugian petani itu harus menjadi tanggung jawab penambang yang ada di sana?,” tanya Noor Nahar.

Kendati demikian, dia mengatakan sumur tua yang ada ditempat tersebut kalau otoritas wilayah tersebut milik Pertamina EP. Sehingga, apabila ada kerugian yang dirasakan petani, maka hal itu perlu dibicarakan juga dengan Pertamina. ”Ya, kita tunggu dulu sampai ada laporan, setelah itu baru kita bicarakan bersama Pertamina, petani, dan pihak yang berkepentingan lainnya,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.