Pemkab Tuban Canangkan Masuk SMP Harus Mampu Baca Al Qur’an

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mencanangkan untuk siswa yang beragama islam yang akan masuk sekolah menengah pertama (SMP) harus mampu Baca Tulis Al Qur’an (BTQ).
Hal tersebut untuk membentuk generasi muda yang cerdas dan berakhlakul karimah. Selain itu hal tersebut dilakukan juga untuk menanamkan nilai-nilai Al Qur’an kepada anak-anak sejak usia dini.
”Kita sangat mendukung penuh langkah yang diambil Pemkab Tuban, agar siswa yang beragama islam saat masuk SMP bisa baca tulis Al Qur’an,” terang Kepala Bidang (Kabid) SMP, SMA atau SMK Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdipora) Tuban, Nur Khamid, Kamis (27/10).
Menurutnya, saat ini masih ada sebagian pelajar Tuban terutama jenjang SD yang belum mengenal tulisan Al Qur’an. Diharapkan dengan adanya program itu, para pelajar yang belum bisa mengaji agar bisa mengaji. Selain itu, pihaknya juga akan mendorong kepada orang tua siswa, agar anaknya diikutkan untuk mengaji sejak usia dini. Sehingga, saat masuk SMP sudah mampu membaca Al Qur’an dengan baik.
”Nanti teknisnya Dinas Pendidikan yang akan melakukan kerja sama dengan Kantor Departemen Agama, bagaimana konsepnya agar siswa saat lulus Sekolah Dasar (SD) sudah mampu membaca Al Qur’an,” ungkapnya.
Lebih lanjut Nur Khamid mengatakan, nilai baca Al Qur’an akan menjadi sebagai persyaratan masuk yang dijadikan nilai poin penyumbang angka Akademis. Disini ada penilaian akademis dan non akademis ketika akan masuk sekolah menengah pertama.
”Insya Allah awal tahun pelajaran tahun ini sudah bisa kita berperlakukan,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.