Pemkab Luncurkan Gematumaskin di Jatirogo

image

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban kembali meluncurkan program unggulan pengurangan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban, Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin (Gematumaskin) tahap III, Rabu (26/11).

Bupati Tuban, Fathul Huda dalam sambutannya saat peluncuran Gematumaskin di Desa Kedung Makam Kecamatan Jatirogo mengungkapkan, bahwa bergulirnya Gematumaskin Tahap III adalah karena mempertimbangkan angka kemiskinan yang masih cukup tinggi di Kabupaten Tuban, yang pada tahun 2013 sebesar 17,16 persen.

”Membantu masyarakat miskin itu sebuah kewajiban, bahkan diibaratkan ketika di lingkungan masyarakat masih ada yang miskin dan kita tidak berusaha membantu maka ibadah-ibadah kita seperti umroh, haji dan sholatpun akan bernilai sia-sia tanpa pahala,” ungkapnya.

Pada Gematumaskin tahap III diberikan bantuan berupa modal usaha, ternak sapi dan kambing, budi daya perikanan, rumah tidak layak huni (RTLH), sembako, pasar murah, bantuan peralatan sekolah dan lainnya. ”Bantuan yang diberikan kepada masyarakat miskin ini dari berbagai Stakeholder, dan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Tuban,” ungkapnya. 

Selain itu, Gematumaskin tahap III selain di Desa Kedung Makam Kecamatan Jatirogo juga dilaksanakan di 19 Desa Model Pengentasan Kemiskinan lainnya di seluruh kecamatan Se-Kabupaten Tuban. Selain itu, pada tahap ini dipilih lokasi baru pada 2 desa setiap kecamatannya sebagai lokasi desa model tahap pengembangan. 

”Sehingga selain di 20 desa model yang sudah berjalan maka Gematumakin dilaksanakan pula 40 desa model baru sebagai pengembangan dengan pendampingan SKPD Kabupaten Tuban sesuai dengan yang telah ditentukan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.