Pemkab Petakan Wilayah Pertambangan Rakyat

Kepala Pertambangan Tuban Herry Prasetyo
Kepala Pertambangan Tuban Herry Prasetyo

kotatuban.com – Wilayah pertambangan rakyat di Kabupaten Tuban akan disahkan tahun 2014 ini. Saat ini Pemerintah Kabupaten Tuban lewat Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban telah mengajukan ijin kepada Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban Herry Prasetyo saat dikonfirmasi kotatuban.com, Rabu (8/1). Menurutnya, saat ini Pemkab Tuban juga telah membuat peta wilayah pertambangan untuk rakyat. Sehingga, diharapkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan pertambangan terlebih dahulu sebelum keluar ijin pertambangan dari Kementrian ESDM.

”Kami juga telah melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat penambang diwilayah Desa Leran Wetan dan Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang untuk tidak melakukan kegiatan penambangan terlebih dahulu sebelum ijin dari ESDM yang kami ajukan beres terlebih dahulu,” ungkapnya.

Lebih lanjut Herry mengatakan, setelah wilayah pertambangan masyarakat mendapatkan ijin dari kementrian ESDM baru masyarakat diperbolehkan untuk melakukan pertambangan. Namun, jika masyarakat ingin melakukan kegiatan pertambangan diwilayah pertambangan masyarakat juga harus meiliki Ijin Usaha Pertambangan (IUP) terlebih dahulu. ”Yang ingin kita tertibkan ini dulu. Selama ini kan masyarakat enggan untuk mengurus IUP,” tandasnya.

Saat disinggung terkait rencana penutupan lahan penambangan batu kumbung yang ada diwilayah Perhutani, Herry mengatakan bahwa itu sepenuhnya hak dan wewenag pihak Perhutani. ”Mereka pasti memiliki mekanisme sendiri untuk penutupan lahan tambang. Kalau kami fokus yang ada dilahan rakyat,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.