Pemkab Tuban Canangkan Keluarga Sehat

kotatuban.com – Terciptanya keluarga yang sehat dan mandiri menjadi target capaian Pemkab Tuban dalam implementasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui pendekatan keluarga. Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban, H. Fathul Huda saat menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 di Rest Area Tuban, Jumat (15/12).
”Ibu-ibu yang memiliki perhatian lebih dibandingkan bapak, menjadi fokus dari pengarahan terkait Germas, mengingat titik tekan program ini adalah keluarga,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Bupati Tuban menambahkan lingkungan keluarga yang kondusif dan nyaman akan menciptakan individu berkualitas, baik jasmani maupun rohani. Pada tahap awal Germas secara nasional berfokus pada tiga hal. Pertama, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari.
”Saya menghimbau kepada para pimpinan untuk menggalakkan aktivitas fisik, seperti senam di masing-masing OPD dan instansi lain,” imbuhnya.
Selanjutnya, Bupati yang telah menjabat dua periode ini mengarahkan agar masyarakat mengonsumsi buah dan sayur terutama yang berasal dari dalam negeri. ”Saya akan memerintahkan kepada Dinas Pertanian agar mengembangkan dan memaksimalkan produk unggulan di kabupaten Tuban,” terangnya.
Menurutnya, peringatan HKN ke-53, oleh orang nomor satu di Tuban ini, harus dijadikan momentum bagi insan kesehatan di Tuban untuk melakukan refleksi. Sejauh mana keberhasilan program kesehatan yang telah dilakukan baik promotif, preventif, kuratif, maupun  rehabilitatif sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
Lebih lanjut, Bupati Huda menjelaskan bahwa program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dan Germas merupakan upaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat untuk hidup sehat.
”Sebagai upaya promotif dan preventif sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dan tercipta masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan nsional,” jelasnya.
Dihadapan para kader kesehadap dapat mengajak masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Indonesia sehat, mulai dari diri sendiri dan keluarga.
”Indonesia sehat dapat diwujudkan melalui keluarga sehat sehingga membentuk masyarakat yang sehat,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban