Pemkab Tuban Minta KKKS Awasi Wilayah Kerjanya

Wabup Noor Nahar
Wabup Noor Nahar

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) meminta agar Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) Minyak dan Gas Bumi (Migas) melakukan pengawasan yang serius di wilayah kerjanya.

Permintaan Wabub Noor Nahar tersebut muncul menyusul adanya kejadian blow out atau muncratnya minyak di Lapangan Tawun Gegunung, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan beberapa waktu lalu.

”Kita minta supaya semuanya (KKKS Migas) menjaga wilayah operasionalnya. Sehingga, semua kegiatan yang ada diwilayah oprasionalnya dapat diketahui sejak dini. Utamanya yang ada di Kabupaten Tuban,” terang, Wabub Noor Nahar saat ditemui kotatuban.com, Jumat (24/10).

Lebih lanjut, Wabub Noor Nahar mengatakan, perusahaan atau instansi harus tanggung jawab secara penuh terhadap wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. ”Contohnya, apabila ada pihak-pihak lain yang berusaha melakukan aktivitas penambangan ilegal di wilayah Pertamina EP, ya Pertamina EP yang harus mengawasi dan menjaga agar hal tersebut tidak terjadi,” tandasnya.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan tidak ada regulasi yang mengatur mengenai pertambangan Migas di daerah. Semuanya terpusat, sehingga Pemkab tidak punya kewenangan apapun mengenai wilayah pertambangan Migas.

”Kalau ada pertambangan ilegal, apa lagi sampai ada blow out beginikan masyarakat yang dirugikan. Selain itu, juga lingkungan kita yang terkena dampaknya,” tandasnya. (duc)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.