Penambang Kumbung Harus Miliki IUP

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban lewat Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tuban akan menertibkan penambang batu kumbung yang menggunakan mesin serkel. Pasalnya, beberapa tahun terakhir penambang yang menggunakan mesin serkel banyak bermunculan di Tuban.

Penambang kumbung dengan mesin serkel banyak bertebaran
Penambang kumbung dengan mesin serkel banyak bertebaran

”Untuk berapa jumlahnya penambang batu kumbung yang ada di Tuban kami masih melakukan penghitungan lebih lanjut. Namun, untuk wilayahnya penambang batu kumbung yang menggunakan serkel tersebar dibeberapa kecamatan. Yakni, Kecamatan Semanding, Merakurak, Palang, dan Kecamatan Grabakan,” ujar Kepala Dinas dan Energi Kabupaten Tuban, Hery Prasetyo saat dikonfirmasi kotatuban.com, Rabu (5/2).

Menurutnya, walaupun penambang yang menggunakan mesin moderen ini menambang dilahan pribadi tetap harus memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP). Sehingga, nantinya setelah kegiatan pertambangan tersebut selesai sudah ada perencanaan reklamasinya. Selain itu, jika pengusaha memiliki IUP pemerintah daerah juga akan mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pembayaran pajak.

”Selama ini penambang batu kumbung yang menggunakan serkel ini juga belum ada yang mengurus perizinan,” tuturnya.

Lebih lanjut Hery mengatakan, saat dini Dinas Pertambangan sudah melakukan berbagai sosialisasi ditingkat-tingkat kecamatan untuk penambang yang berada dilahan pribadi memiliki izin.
Dalam perizinan tersebut pemilik tambang harus menjelaskan bagaimana teknik tambangnya, tata ruang, dan efek untuk lingkungannya. Sehingga, kegiatan tambang tersebut jelas, saat proses tambang dan pasca tambang.

”Saat ini kita masih proses sosialisasi. Jika nanti setelah sosialisasi penambang akan kita wajibkan untuk memiliki IUP. Jika tidak bisa ditertibkan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.