Penataran Wasit, IPSI Datangkan Wasit Iternasional

Pelatihan wasit dan juri IPSI Tuban
Pelatihan wasit dan juri IPSI Tuban

kotatuban.com– Puluhan wasit dan juri Pencak Silat mengikuti pelatihan dan penataran yang berlangsung di gedung Tenis Indoor jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Tuban, Minggu (31/08). Pelatihan tersebut sebagai persiapan digelarnya Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban, yang akan digelar pada ahir Oktober mendatang.

Pelatihan dilakukan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tuban yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme para wasit dan juri, sebagai pengawas pertandingan sekaliguss penanggungjawab berlangsungnya pertandingan. Pelatihan yang diikuti puluhan wasit dan juri itu diaksanakan selama dua hari, kemarin.

“Untuk total peserta yang terdiri para wasit dan juri ada 37 orang. Mereka berasal dari sembilan perguruan silat yang ada di Kabupaten Tuban,” terang Aipda Sugiwarso, panitia kegiatan.

Dalam pelatihan dan penataran itu, lanjut Suguiwarso, puluhan wasit dan Juri pertandingan Pencak Silat mendapatkan materi dari Fanan Hasanudin, ketua Sekretaris IPSI Jatim dan Khoirul Anam, Lembaga Wasit dan Juri IPSI Jatim. Keduanya merupakan wasit ahli yang sudah memiliki pengalaman Internasional.

“Ini adalah awal dari suatu pembinaan untuk para wasit dan Juri di Tuban. Harapan kami dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan olahraga Kabupaten Tuban,” lanjutnya.

Setelah pelatihan, para Wasit dan Juri diharapkan mampumenerapkan tiga pilar dalam pertandingan pencak silat, yakni Atlit, Pelatih dan Wasit ataupun Juri. Sehingga ketiganya mamp berjalan selaras, profesional untuk mendapatkan Altit Pencal Silat yang berkualitas.

“Untuk mendapatkan altet yang benar-benar berkualitas tentunya harus diimbangi dengan Pelatih maupun Wasit dan Juri yang profesional. Sehingga ketiganya harus bisa berjalan secara profesional juga,” imbuh anggota Sabhara Polres Tuban itu. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.