Pendamping Desa Diharapkan Dapat Mengawal UU Desa

kotatuban.com – Pendamping profesional perdesaan atau pendamping desa diharapkan dapat mengawal implementasi Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Sehingga, peningkatan kapasitas pendamping perlu ditingkatkan untuk melakukan pengawalan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Koordinator Pelatih pada pembukaan pelatihan atau pratugas Pendamping Lokal Desa (PLD) Raden Abdurrahman, di Ibis Styles Hotels Malang, Selasa (01/11) malam. 

”Pada pelatihan PLD ini diikuti oleh 583 pendamping baik yang rekrutmen tahun 2015 maupun tahun 2016 yang belum mengikuti pra tugas,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mamang panggilan akrab Raden Abdurrahman mengatakan, secara umum tugas dari pendamping desa tersebut untuk mendampingi desa dalam melakukan pembangunan yang ada di desa sesuai dengan amanat Undang-Undang Desa.

”Dengan pelatihan ini kita harapkan pendamping desa itu mampu secara maksimal mendampingi desa dalam kegiatan desa. Selain itu, juga mampu mendorong masyarakat secara partisipatif dalam pembangunan desa,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut Mamang, ke depan diharapkan dengan adanya dana desa yang nominalnya tidak sedikit tersebut desa mampu mandiri. Dan output-nya desa membangun Indonesia dapat terwujud. 

”Kalau dulu desa itu hanya sebagai objek saja. Namun, sekarang desa sudah menjadi subjek. Sehingga, desa sudah bisa menentukan nasibnya sendiri,” pungkas dia. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.