Penghijauan 50 Hektar Lahan Kritis Diserahkan Perusahaan

image
kotatuban.com – Luas lahan kritis di Kabupaten Tuban masih ada 50 ribu hektar lebih dari 183.994.561 hektar luas wilayah Kabupaten Tuban. 50 ribu lahan kritis yang ada di Tuban tersebut tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, Kamis (25/12).

Hal tersebut disampaikan Bupati Tuban, Fathul Huda beberapa waktu yang lalu. Menurutnya, lahan kritis tersebut dapat berakibat pada gejala alam seperti banjir, tanah longsor, puting beliung, dan abrasi.

”Kalu lahan kritis dan kurang penghijauan maka penyerapan air juga kurang, akibatnya di daratan ketika hujan air akan turun dengan deras dan mengakibatkan banjir dan bisa juga terjadi tanah longsor, sementara di pantai itu akan terjadi abrasi atau tergerusnya daratan oleh air laut,” terang Bupati Huda.

Mengingat hal tersebut, lanjut Bupati Huda, pihaknya berupaya melakukan penghijauan dengan menggalakan pembibitan rakyat. Selain itu, juga menggalakan kegiatan tanam pohon atau penghijauan di wilayah Kabupaten Tuban.

”Semua pihak harus ikut serta melestarikan alam melalui tanam pohon. Bahkan, perusahaan-perusahaan yang ada di Tuban wajib melakukan penghijauan. Sehingga, kedepan lahan kritis di Tuban dapat dikurangi,” tandasnya.

Menurutnya, permasalahan lahan kritis dikarenakan kurangnya pengawasan warga sekitar untuk menjaga pohon yang telah di tanami baik di daerah pantai maupun darat. Selain itu, penebangan kayu yang tidak terkontrol juga dapat mengakibatkan rusaknya lahan.

”Untuk mengurangi lahan kritis ini, yang pertama kita lakukan adalah menjaga prilaku kita yang dapat mengakibatkan rusaknya alam tersebut. Selain itu, kita juga harus menjaga keberlangsungan alam tersebut,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.