Pengiriman Surat Suara Tak Dikawal Petugas

Surat Suara di gudang Logistik KPUK Tuban
Surat Suara di gudang Logistik KPUK Tuban

kotatuban.com – Surat Suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif minim pengamanan. Bahkan, datangnya surat suara baik untuk DPR RI, DPRD Provinsi, maupun surat suara untuk DPRD Kabupaten, dari PT Pura Barutama, Kudus, Jawa Tengah, perusahaan pencetak surat suara sampai ke gudang Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban yang berada di Jalan Wahidin Sudirohusodo tidak ada pengawalan dari petugas kepolisian.

Tidak hanya itu, bahkan surat suara yang untuk DPR RI yang datang di Gudang Logistik KPU sejak, Jumat (7/3) juga tidak ada penjagaan dari petugas kepolisian. ”Untuk keamanan di Gudang Logistik ini kami sudah koordinasi dengan Polres. Kemungkinan hari ini Polres baru menugaskan anggotanya untuk menjaga surat suara yang ada di gudang ini,” ujar Divisi Logistik KPU Kabupaten Tuban, Heru Prapto, saat dikonfirmasi kotatuban.com, terkait keamanan surat suara, Senin (10/3).

Saat disinggung tidak adanya petugas kepolisian yang mengawal surat suara dari perusahaan percetakan hingga ke Tuban, Heru mengatakan, bahwa ada tidaknya pengawalan dari perusahaan sampai ke KPU kabupaten hal itu menjadi wewenang KPU pusat. Sehingga, KPU Tuban hanya memastikan surat suara yang diterima sesuai. ”Yang terpenting surat suara yang kami terima sesuai begitu saja,” ungkapnya.

Namun, Heru memastikan untuk pendistribusian surat suara dari KPU Tuban sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan ada petugas kepolisian yang melakukan pengawalan. ”Kalau dari sini sampai ke kecamatan-kecamatan saya pastikan akan ada pengawalan dari petugas kepolisian,” tandasnya.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Tuban sebanyak 941.315 pemilih. Sehingga, untuk DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD jumlah surat suara masing-masing sebanyak 941.315 ditambah 2 persen. Sehingga total surat suara sebanyak 3.765.260. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.