Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Guru

kotatuban.com – Guru adalah suri tauladan bagi para siswanya. Sehingga, tingkah laku seorang guru akan dianut oleh anak didiknya. Oleh karena itu, pendidikan yang berkarakter untuk para pendidik sangat penting.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Pusat Ilmu Komunikasi dan Menejemen Indonesia (PIKMI) memberikan pendidikan karakter kepada sejumlah guru yang ada di Kabupaten Tuban. Pelatihan tersebut digelar di Gedung Graha Sandya Perumdin Semen Gresik, Desa Bogorejo, Merakurak, Sabtu (1/3).

Direktur PIKMI, Herawan Kustiyadi dalam sambutannya mengungkapkan, pendidikan karakter untuk para guru tersebut sangat lah penting untuk dilakukan. Pasalnya, guru memiliki tugas untuk mendidik para generasi penerus bagsa. Pendidikan tersebut tidak hanya mata pelajaran saja. Namun, yang terpenting adalah akhlaq dan tingkah laku. ”Sehingga, pada kegiatan ini para guru akan diajarkan bagaimana bersikap kepada para muridnya,” tutur dia.

Ilustrasi : Sekelompok murid SG sedang belajar bersama
Ilustrasi : Sekelompok murid SG sedang belajar bersama
Menurutnya, selain memberikan pendidikan karakter kepada para guru. Semen Indonesia juga telah memberikan pendidikan kepada orang siswa. Hal ini sangatlah penting, karena selain dengan guru karakter para siswa juga dapat dipengaruhi oleh orang tua. ”Sehingga, harus ada kesepahaman antara guru dengan orang tua untuk membentuk karakter anak,” tandasnya.

Lebih lanjut Herawan mengatakan, SI sejak tahun 2008 juga telah memberikan bantuan Program Pengembangan ICT (Information Communication and Technologi) untuk sekolah-sekolah di wilayah Gresik dan Tuban.
Sampai awal tahun 2014 di Kabupaten Tuban yang sudah menikmati pelatihan jumlahnya mencapai 47 ribu siswa dan 400 guru. Sedangkan, materi yang diberikan adalah Pengenalan komputer, Microsoft Word – Excell – Powerpoint, Pemprograman Basis Data, Corel, Photoshop dan Internet. ”Sehingga, mulai anak-anak tingkat SD sudah banyak yang pandai komputer,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.