Perajin Gerabah Berharap Bantuan Modal

Perajin gerabah butuh sentuhan modal
Perajin gerabah butuh sentuhan modal

kotatuban.com-Musim kemarau yang menjadi masa paling baik bagi perajin gerabah  rupanya tidak latas membuat para perajin bisa mengeruk keuntungan. Sebab, rata-rata para pengrajin berbahan baku tanah liat di Keluahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban, sangat kekurangan modal.

Sukarti, salah satu perajin gerabah warga Kelurahan Karang, Semanding, Tuban, mengatakan, selama menggeluti usaha pembuatan gerabah sejak 10 tahun lalu terus kekurangan modal. Untuk mendapatkan tambahan modal dari bank sangat tidak mungkin, karena tidak memiliki agunan. Sementara, dari pemerintah juga belum pernah memberikan bantuan permodalan.

Padahal dia dan perajin gerabah lainya sebenarnya sangat membutuhkan modal, terutama saat musim kemarau seperti seakrang ini agar dapat memproduksi gerabah lebih banyak.

“Musim kemarau seperti ini ya bagus, tapi terkendala modal. Jadi, ya menunggu barang yang sudah jadi laku dahulu, dan hasilnya untuk modal produksi lagi. Coba kalao bisa mendapatkan modal, bisa memproduksi lebih banyak,” kata Sukarti.

Dijelaskan, selain bantuan kredit lunak untuk modal usaha, sebenarnya warga Karang juga membutuhkan bantuan keterampilan, agar dapat memproduksi gerabah dengan bentuk lain, (tidak hanya kuali). Dengan demikian, perekonomian warga Karang yaang sebagian besar menggantungkan hidup dari memproduksi gerabah dapat terangkat.

“Bagus kalau bisa membuat pot, atau diberikan keahlian membuat kerajinan lain biar tidak kuali saja yang harganya murah sekali,” kata Sukarti sambil membentuk adonan tanah liat menjadi kuali.

Disampaikan Sukarti, kalaupun ada bantuan yang selama ini dia rasakan, hanya bantuan dari salah satu perusahaan semen di Tuban, yang dua tahun lalu memberikan bantuan berupa alat untuk membentuk gerabah (pemutar gerabah).

“Ini saja alat bantuan dari perusahaan semen, kalau pemerintah belum ada, tidak tahu para pejabat itu kok diam saja,” keluhnya.

Sukarti berharap, ada semacam koperasi yang dibentuk pemerintah untuk mempermudah perajin gerabah mendapatkan modal. Selain itu juga berharap adanya pelatihan pembuatan gerabah aneka bentuk, agar pasar mereka tidak hanya berkutat pada kuali saja. (kim)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.