Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Relawan Bencana Bersihkan Pantai

Relawan bencana saat bersihkan pantai di Jenu
Relawan bencana saat bersihkan pantai di Jenu

kotatuban.com – Sedikitnya 100 orang relawan penanggulangan bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban lakukan bersih-bersih pantai, Jumat (06/06). Aksi para relawan penanggulangan bencana tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pantauan kotatuban.com dilapangan, relawan penanggulangan bencana tersebut membersihkan pantai yang berada di Mangrove Center Tuban (MCT) Desa Jenu, Kecamatan Jenu. Selain itu, para relawan tersebut menyisir pantai kurang lebih dua kilo meter untuk mengambil sampah yang berserakan disekitar tempat tersebut.

”Para relawan ini mengambili sampah yang ada di pantai ini. Utamanya, sampah anorganik, karena sampah ini sulit terurai dan akan mencemari laut jika dibiarkan begitu saja. Aksi ini dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia,” ujar koordinator aksi bersih pantai, Asep saat dikonfirmasi kotatuban.com disela-sela aksi tersebut.

Menurutnya, diharap kegiatan bersih pantai yang dilakukan para relawan penanggulangan bencana tersebut tidak menjadi simbolis semata. Merawat lingkungan hidup dan membersihkan sampah tersebut bisa menjadi kesadaran, termasuk masyarakat luas. Pasalnya, jika sampah utamanya sampah anorganik jika dibiarkan saja akan menjadi bencana.

”Jika sampah-sampah ini tidak dibersihkan akan menjadi dampak yang fatal. Sampah tersebut bisa mengakibatkan banjir. Selain itu, jika sampai menumpuk dilaut juga akan mengganggu ekosistem laut,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.