Peringati Hari Pers, RPS Gelar Syukuran Bersama Puluhan Pelajar

 

Ketua RPS Khoirul Huda memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan pelajar SMA
Ketua RPS Khoirul Huda memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan pelajar SMA

kotatuban.com – Solidaritas wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Solidarity (RPS) merayakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2014 dengan mengadakan tumpengan bersama pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Tuban, Minggu (9/2). Acara tumpengan tersebut bersama dengan belasan jurnalis dan pelajar yang selama ini mengelola majalah sekolah. Selain itu, pada kesempatan tersebut RPS juga mengadakan pelatihan jurnalistik gratis bersama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

‘’Hari merupakan peringatan Hari Pres Nasional, sehingga untuk memperingati hari yang bersejarah bagi para wartawan tersebut, RPS menggelar acara tumpengan bersama para pelajar dari SMAN 3 Tuban. Acara tumpengan ini dimaksudkan agar para wartawan diberikan keseharan dan kemudahan rizki oleh Tuhan Yang Maha Esa,’’ ungkap, Ketua RPS Khoirul Huda, saat dikonfirmasi kotatuban.com.

Menurutnya, acara tumpengan bersama para pelajar tersebut merupakan awal kegiatan HPN yang digelar RPS. Selain itu, untuk memperingati HPN tahun 2014 ini RPS juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan diantaranya kegiatan donor darah, santuanan terhadap anak yatim, dan akan melakukan penanaman 50 ribu pohon yang akan disebar dibeberapa daerah di Kabupaten Tuban. Program tanam pohon ini kita menggandeng Mangruve Center dan PT Pertamina EP.

‘’Pada HPN tahun 2013 yang lalu kita juga melakukan kegiatan serupa. Namun, pada tahun ini pohon yang kita tanam jauh lebih banyak dari pada tahun lalu. Jika tahun 2013 sebanyak 20 ribu pohon tahun ini kita akan menanam 50 ribu pohon. Tahun ini kita melakukan tanam pohon di daerah sumber mata air, sehingga penanaman pohon tahun ini kita beri tema “penyelamatan mata air”,’’ tuturnya.

Sementara itu, Pembina Jurnalistik SMAN 3 Tuban, Choirul Rofik mengungkapkan, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar wartawan yang tergabung didalam RPS ini. Pasalnya, kegiatan ini akan sangat berguna sekali bagi para siswa dalam ilmu jurnalistik. Sehingga, diharapkan dengan pelatihan ini diharapkan para siswa dapat memiliki kemampuan jurnalistik yang lebih bagus lagi. ‘’Setelah mendapatkan pelatihan ini diharapkan para siswa mampu menulis dengan baik, dan majalah sekolah yang dikelola para siswa dapat lebih bagus lagi,’’ tandasnya.

Lebih lanjut Choirul Rofik mengatakan, pembelajaran menulis dari wartawan ini sangat bagus sekali. Pasalnya, para wartawan setiap hari menghadapi secara langsung bagiaman cara mencari berita dan bagaimana cara menulis berita. ‘’Jadi para siswa dapat belajar pada ahlinya secara langsung, tidak hanya teori saja,’’ pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.