Pertamina EP Ajak Pelajar Jadi Netizen Cerdas

kotatuban.com – Pertamina Eksplorasi dan Produksi Asset 4 mengajak para pelajar  untuk menjadi netizen yang cerdas, sehingga tidak terjebak dalam emosional yang pafa gikirannya menjadi masalah hukum.
Hal itu ditegaskan Legal and Relations Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, Tarmizi, mewakili Pertamina EP saat membuka Sekolah Jurnalistik (SJ) di SMK Al Mustawa Desa Prambontegayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (08/10).
Kegiatan SJ program kedua di sekitar Lapangan Migas Mudi ini, merupakan kerjasama Pertamin EP Asset 4 Sukowati Field-SKK Migas dengan Ronggolawe Press Solidarity (RPS) Tuban.
Senada disampaikan Moh.Abdurrahim salah satu pemateri. Bermedia sosial ada rambu-rambunya. Jangan jadikan jemari menjadi pemantik kita menuju jeruji besi.
Untuk menjadi pengguna media sosial yang bijak meliputi, hentikan kebiasaan mengeluh di medsos, karena itu membuat orang lain pengen nimpuk. Memberikan informasi yang positif, berkarya di media sosial, berbisnis online karena ada kisah tukang ojek jadi kaya raya setelah menggeluti bisnis online.
Ada pula hal-hal yang perlu dihindari ketika bermedia sosial, diantaranya menyinggung SARA, menggunakan bahasa yang kasar, menyindir seseorang, berhenti jadi drama queen, mengunggah foto sensual, filter pertemanan anda, pasang identitas asli namun tidak bersifat pribadi, tidak perlu berbagi nomor telepon.
Ditambahkan, bermedsos tak sebebas jemari menggelitik menulis status atau mengupload foto. Ada beberapa tindakan yang dapat menyeret netizen ke jeruji besi. Hukuman di medsos, penghinaan atau pencemaran nama baik dijerat Pasal 45 ayat 3. Dipidana paling lama 4 tahun.
“Menybarkan berita bohong atau hoax dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen. Dijerat pasal 45A ayat 1, dipidana enam tahun,” yandasnya.
Kepala SMK Al Mustawa, Supaat, mengapresiasi kepada RPS dan Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field karena berbagi ilmu di lembaganya. Selama ini di sekolah yang terletak di sebelah Barat Lapangan Mudi ini, belum pernah ada materi jurnalistik.
“Kami merasa senang. Kalau program ini dilakukan tiap tahun tentu menjadi kebanggaan,” tambahnya.
Kerjasama antara SMK Al Mustawa, RPS, dan Pertamina EP semoga langgeng dan memberi nilai manfaat bagi semua. Yang terpenting ada tindaklanjutnya, supaya greget dan semangat anak-anak SMK terjaga.
Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda, mengucapkan terimakasih kepada SMK Al Mustawa karena menerima kehadiran program. Sekaligus Pertamina EP sebagai penyupport program. Tahun ini hanya Pertamina EP yang support kegiatan ini, dan RPS yang berbagi pengalaman jurnalistik.
“Selain pendidikan, Pertamina EP Asset 4 juga peduli pada kesehatan, ekonomi, dan lingkungan,” imbuh Huda. (ims)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban